Sekolah Sehat

Home - Berita - Sekolah Sehat

Sekolah Sehat

gbr2

DAQUSCHOOL – SEMARANG 11/9/2015. Kebersihan sebagian dari iman. Itulah yang di contohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW kepada para umatnya. Usaha memelihara kebersihan juga digalakkan di SD Daarul Qur’an Semarang. Melalui  “21 hari budaya hidup bersih” serangkaian kegiatan dilakukan bersama-sama keluarga besar SD Daqu School Semarang, bekerja sama dengan pihak Puskesmas Pandanaran.

Serangkaian budaya bersih dilakukan berturut-turut.  Mulai tanggal 28 Agustus 2015 kelas 1,2, 3 membudayakan cuci tangan dengan benar di bawah bimbingan wali kelas dan guru pendamping. Manfaat cuci tangan setidaknya mengurangi bakteri serta kuman yang akan masuk ke perut kita melalui makanan dan minuman. Sementara kelas 4, 5, 6, melakukan gosok gigi masal. Sebelum gosok gigi dilakukan ada bimbingan dari guru pembina UKS tentang cara menggosok gigi yang benar, seputar kesehatan gigi dan mulut, serta manfaatnya dalam pemeliharaan gigi. Selanjutnya dilakukan gosok gigi bersama-sama selama kurang lebih 5 menit guna menjadikan kebersihan gigi secara optimal.

Rangkaian selanjutnya tanggal 11 September 2015 tentang seputar penyakit demam berdarah. Penyuluhan dilaksanakan langsung dengan narasumber dari puskesmas Pandanaran. Secara mendasar disampaikan bagaimana gejala orang yang terkena virus Aidep Agepty , bagaimana penanganannya sebelum di bawa ke Puskesmas atau rumah sakit, serta menggalakkan PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk).

Seluruh kegiatan baik berupa penyuluhan gigi sehat, cuci tangan, hingga seputar pengetahuan Demam Berdarah bertujuan membekali para siswa agar menekankan kebersihan sebagai aspek utama dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya para siswa tersebut dapat menjadi kader kesehatan baik bagi dirinya sendiri maupun di lingkungan tempat tinggalnya.(fathur)

Categories

Latest Posts

%d blogger menyukai ini: