Penyair Daqu Berjaya di Banten

Home - Berita - Penyair Daqu Berjaya di Banten

Penyair Daqu Berjaya di Banten

Santri yang sedang latihan dalam ajang lomba puisi di banten (foto: Kupmin Rambe)

Harap jangan ”bosan”, jika para penyair Daarul Qurán lagi-lagi menyabet banyak juara di lomba baca puisi se-Provinsi Banten. Ya, diajang Lomba Baca Puisi Piala Taufik Ismail itu, Kafilah Daqu meraih 4 gelar sekaligus.
Laga puisi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa tersebut dilaksanakan pada 16-17 Oktober lalu. Duta sastra Daqu yang dilatih Kupmin Rambe langsung merangsek hingga babak final.
”Lomba baca puisi ini diikuti 174 peserta. Sepuluh peserta jadi finalis, dan alhamdulillah separonya adalah santri-santri kita. Tiga diantara 5 finalis kita adalah mahasiswa STIMIK Antar Bangsa Daqu,” papar Kupmin Rambe. Dan akhirnya, Daqu panen juara ketika hasil penilaian juri diumumkan panitia pada Kamis (29/10) lalu.
Kafilah Daqu meraih Juara 2 dan 3 untuk kategori pelajar, masing-masing atas nama Ahmad Alwani dan Umam. Sedang Rifki Abror meraih Juara 3 dalam katagori umum.
Partisipasi dalam lomba tahunan ini bagi Daarul Quran sudah yang ke-3 kalinya. ”Kita ikut sejak tahun 2013, dan alhamdulillah meraih juara pertama pada kategori umum atas nama saya sendiri,” ungkap Rambe.
Sedang untuk kategori pelajar, waktu itu diraih Agung Prayoga dan Lucky Preferly.
Pada laga 2014, Tim Daqu kembali meraih juara pertama untuk kategori umum atas nama Ahmad Alwani. Pada kategori pelajar, juara pertama diraih Afif Okjil Sifia dan juara ketiga Rifky Abror. Dengan prestasinya itu, Daarul Qur’an mendapat piala tetap 2013-2014. Kupmin Rambe mengungkapkan, dalam berpuisi harus memperhatikan artikulasi, citarasa, dan penghayatan puisi yang dibaca. ”Inilah kunci kemenangan kita,” ungkapnya tanpa takut ditiru orang lain.
Baginya, jika ilmu juara ini dipakai pihak lain, semoga jadi sedekah Daarul Qurán. Pengasuh Daarul Qurán Ustadz Ahmad Jameel menyampaikan selamat dan
penghargaan kepada seluruh tim puisi Daqu. Keberhasilan ini juga
menjadi inspirasi untuk menggelar lomba puisi bagi warga pesantren
setanah air.
”Insya Allah kita akan adakan lomba baca puisi antar pesantren
se-Indonesia dan hadiahnya akan langsung diberikan oleh H Taufik
Ismail,” katanya.

Share

Categories

Latest Posts

%d blogger menyukai ini: