Kaderisasi Dai, Biro Dakwah Gelar Pelatihan Khutbah Jumat

Home - Berita - Kaderisasi Dai, Biro Dakwah Gelar Pelatihan Khutbah Jumat

Kaderisasi Dai, Biro Dakwah Gelar Pelatihan Khutbah Jumat

20151210_224947

TANGERANG – Pesantren Tahfidz Daarul Quran menggelar Pelatihan Khutbah Jumat. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Biro Dakwah dan Media ini dilaksanakan pada Kamis (10/12/2015) yang lalu.

Kepala Biro Dakwah Ust Hendy Irawan Saleh menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya kaderisasi dai di lingkungan Daarul Quran.

“Masih akan menyusul pelatihan-pelatihan yang lain. Sehingga kedepannya, diharapkan ada pemerataan keilmuan dan kemampuan para dai di Daarul Quran,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan Harian Daarul Quran Ust Ahmad Jameel menyebutkan, seorang khatib harus memiliki tiga kemampuan.

“Yaitu, penguasaan materi, penguasaan diri dan penguasaan jamaah. Jika 3 Hal ini dimiliki khatib, insya Allah materinya menarik,” katanya di depan peserta diklat yang khusyu mendengarkan paparannya.

Sementara, pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tangerang KH Masturoh Abubakar yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyebutkan, perlunya strategi jitu untuk memuluskan pesan dakwah sang khotib.

“Tak usah berlama-lama, asalkan fokus pada satu ayat atau hadits lalu dijabarkan dengan studi kasus, insya Allah jamaah Jumat pada melek dan antusias,” ujar ustadz yang merangkap menjadi Kepala Bidang Kesra Pemerintah Kota Tangerang ini.

Lain lagi dengan Dewan Syariah Daarul Quran KH Ahmad Kosasih yang lebih menekankan kepada tata cara khutbah. Menurutnya, seorang pengkhutbah harus menjaga tata cara pelaksanaan khutbah yang sarat dengan keislaman tanpa meninggalkan informasi yang kekinian.

“Dai juga diharapkan mampu menjadikan khutbah Jumat sebagai sarana dakwah yang efektif dan berlanjut pada bagaimana mengajak masyarakat untuk menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Share

Categories

Latest Posts

%d blogger menyukai ini: