Menjaga Hafalan Al-Qur’an lewat Shalat Sunnat Hifdzhil Qur’an

Home - Berita - Menjaga Hafalan Al-Qur’an lewat Shalat Sunnat Hifdzhil Qur’an

Menjaga Hafalan Al-Qur’an lewat Shalat Sunnat Hifdzhil Qur’an

IMG-20160401-WA0015

Ada cara unik yang dilakukan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an, Ungaran, Semarang, dalam usaha menjaga hafalan Al-Qur’an para santri. Cara itu adalah dengan menjadikan para santri sebagai imam dalam shalat sunnat Hifdzil Qur’an.

Shalat Sunnat Hifdzil Qur’an rutin digelar di Ponpes Tahfidz Daqu Ungaran, Semarang. Shalat ini dilaksanakan setiap malam jumat seusai shalat Isya, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatah hadrah dan rebbana, dan ini dilakukan oleh seluruh pesantren Tahfidz Daarul Quran baik daerah maupun pusat.

“Hafalan Al-Qur’an jika tidak dipraktekkan langsung akan bisa hilang dan terlupa. Maka itu lewat kegiatan ini kami harapkan para santri bisa menjaga hafalannya sekaligus menyiapkan bekal kepercayaan diri bagi mereka saat sudah lulus nanti” ujar Ustadz M. Yasa Abdillah selaku pengasuh pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Semarang.

Dalam pelaksanaannya pada rakaat pertama akan dibacakan surah Yassin lalu pada rakaat kedua akan dibacakan empat surah pilihan. Pelaksanaan shalat ini diawasi oleh para assatidz dan para santri mengikuti dengan antusias.

“Insyaallah, pada momentum 29 Mei nanti kan wisuda akbar Daarul Quran, kita motivasi juga para santri untuk mendoakan susksesnya pagelaran wisuda akbar 2016 melalui shalat hifdzil quran ini” Tambahnya.

Share

Categories

Latest Posts

%d blogger menyukai ini: