Sekolah Alam Medan Raya Gelar Edukasi Qurban

Home - Berita - Sekolah Alam Medan Raya Gelar Edukasi Qurban

Sekolah Alam Medan Raya Gelar Edukasi Qurban

img_20160914_103806_hdr_1473826372974

Sejalan dengan motto Program Quis-Daqu (Qurban Istimewa Daarul Quran) yakni ‘’Qurban Sejuta Manfaat’’, pelaksanaan qurban di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, dikemas dalam bentuk Edukasi Qurban.

img_1661

Qurban lima ekor domba dari Quis-Daqu dan tiga ekor dari warga, berlangsung di areal Sekolah Alam Medan Raya di Desa Tuntungan, Kec Pancur Batu, Rabu (14/9) pagi.

Puluhan siswa Sekolah Alam beserta orangtua serta pengurus yayasan dan warga setempat, lesehan mengikuti acara demi acara.

 

 

Pada sesi pertama, beberapa siswa menampilkan hafalan surat pendek Al Quran. Selanjutnya, M Ilyas Tarigan sebagai salah satu pendiri Sekolah Alam, menyuntikkan motivasi kepada orangtua dan siswa.

‘’Saat ini kondisi Sekolah Alam kita memang masih belum tampak apa-apa. Namun yakinlah, kelak dari sekolah di areal seluas 7 hektar wakaf dari Anda ini akan lahir para pemimpin bangsa,’’ ujar Ilyas dengan bersemangat.

Acara berlanjut dengan presentasi kelompok siswa yang membawakan paparan bertema qurban. Masing-masing kelompok yang terdiri dua siswa, menyampaikan sejarah qurban, fiqih, hikmah, dan lain-lain. Layaknya presentasi ilmiah, para siswa membuat peraga di kertas karton berisikan tulisan dan gambar.

Sesi terakhir adalah penyembelihan hewan qurban disertai pemaparan anatomi kambing dan domba. Acara ini dipimpin instruktur Praditya yang juga supplier Quis-Daqu.

img_20160914_105725_hdr img_20160914_105704_hdr

 

 

 

 

 

 

Didit, sapaan Praditya, mengajarkan teknik menyelenggarakan qurban secara efektif dan efisien. Ia memberi contoh memegangi hewan untuk disembelih, kemudian menyembelih sesuai syariat Islam, dan mengajarkan teknik menguliti serta mencincang kambing.

‘’Lihat ini, domba punya kantung air mata. Kalau kambing tidak punya,’’ tutur Praditya sambil menunjukkan bagian dalam pelipis kepala domba yang baru saja disembelih.

img_20160914_105649_hdr

‘’Jadi domba bisa menangis ya,’’ timpal Azzam, salah satu bocah yang mengerumuni Praditya.

‘’O, iya.’’

Didit menerangkan, yang membuat daging kambing bau prengus adalah kantung air seni yang tidak dibuang atau pecah.

 

 

Daging domba dan kambing selanjutnya diambil sedikit untuk dimasak dan dinikmati peserta edukasi qurban. Sedang yang lainnya dibagikan kepada warga desa setempat.

Direktur Sekoah Alam Medan Raya, Laila Sari, berterima kasih atas partisipasi Quis-Daqu dalam acara ini.

‘’Alhamdulillah, acara qurban yang luar biasa seperti ini cocok dengan visi kami merintis sekolah alam yang baru memasuki tahun ketiga,’’ katanya sambil menambahkan bahwa angkatan pertama siswa sekolah alam berjumlah 23 anak.

img_1678

Edukasi qurban di Deli Serdang ini merupakan bagian dari pendistribusian hewan qurban Quis-Daqu di Sumatera Utara.

Tahun ini, QUIS Daqu mengirim sebanyak satu ekor lembu dan 50 ekor domba ke Medan, Deli Serdang, dan Karo. Lima domba dipotong di Rumah Tahfidz PGN  Medan dan lima di Sekolah Alam Medan Raya Deli Serdang.

Share

Categories

Latest Posts

%d blogger menyukai ini: