Melihat Dari Dekat Masjid Pertama dan Tertua di Korea Selatan

Home - Artikel - Melihat Dari Dekat Masjid Pertama dan Tertua di Korea Selatan

Melihat Dari Dekat Masjid Pertama dan Tertua di Korea Selatan

ibu imah

Oleh : Ibu Imah (TK Daqu Kalcit)

“Masya Allah” kalimat itu otomatis terucap tatkala saya melihat bangunan berwarna putih dengan dua menara mengapit dan tulisan “Allahu Akbar” besar berada tepat di atas pintu masuk bangunan tersebut.

Bangunan tersebut adalah sebuah masjid yang dinamakan Seoul Central Mosque. Masjid ini merupakan Masjid terbesar dan tertua yang berada di Seoul. Lokasinya berada di distrik Yongsan-gu, Itaewon, tepatnya di 39 Usadan-ro 10-gil. Masjid ini berada diantara Sungai Hangang dan Gunung Namsan.

Sebuah poster yang menghimbau pengunjung untuk memakai pakaian sopan dan menghormati umat Islam yang tengah beribadah akan menyambut  kita di depan gerbang masjid. Pengalaman beribadah di masjid dengan luas 5.000 meter ini sungguh luar biasa. Sebanyak 28 anak tangga harus dilalui untuk sampai pada pintu utama Masjid.

Masjid ini didirikan oleh komunitas muslim yang bermukim di distrik Yongsan yang kebanyakan pendatangnya dari negara Timur Tengah pada 21 Mei 1976. Masjid ini terdiri dari 3 lantai dimana pada lantai pertama digunakan untuk jamaah laki-laki lalu lantai 2 untuk jamaah perempuan. Pada hari jumat atau hari raya seperti Idul Fitri umat muslim akan memenuhi masjid ini untuk beribadah.

Menuju masjid ini sangat mudah karena berada di dekat Stasiun Subway Itaewon. Restoran yang menjual makanan halal dan toko buku Islam berada di jalan masuk menuju masjid.

Selain untuk aktivitas ibadah masjid ini juga memiliki sejumlah kegiatan keislaman seperti pengajian dan lainnya.

Share

Categories

Latest Posts

%d blogger menyukai ini: