Jumat Ceria di Shibyan Daqu Tebet

Home - Berita - Jumat Ceria di Shibyan Daqu Tebet

Jumat Ceria di Shibyan Daqu Tebet

WhatsApp Image 2017-04-21 at 10.50.21

Jumat (24/4) pagi tiga buah kolam karet sudah tersedia di teras Shibyan Daqu, Tebet, Jakarta Selatan. Para siswa pun melihat dengan senang saat melihat jejeran tiga kolam karet tersebut.

“Assalamualaikum sayang … siapa yang mau main air?” sapa ramah Ummi Ami kepada siswa Shibyan yang baru memasuki halaman sekolah.

“Akuu…” ujar para siswa.

Pukul 08.00 WIB setelah para siswa menaruh tas dan mempersiapkan diri acara main air pun dimulai. Sebelumnya tidak lupa para siswa yang berjumlah 13 orang itu  melaksanakan aktivitas shalat dhuha.

Pagi itu yang mendapat kesempatan bermain air terlebih dahulu adalah siswa muslim (laki-laki), sedangkan siswa  muslimah (wanita) melakukan persiapan dan pemanasan terlebih dahulu dengan cara berlari mengelilingi aula, lalu melompat-lompat dengan menggunakan media ban.

Tidak lama para siswa berbaur dan saling melompat, menyipratkan air, menepuk air dan bermain pistol air sambal tertawa gembira.

Bermain air menajadi salah satu media pembelajaran di Daqu Shibyan Tebet. Ada berbagai pelajaran yang bisa diambil dari aktivitas ini yaitu.

1.       Perkembangan fisik

Si kecil lonjak-lonjak kegirangan setelah menyiprat-nyipratkan air, menepuk, dan menuangkan air dari gayung ke ember. Aktivitas si Kecil ini mendorong koordinasi tangan, mata, dan juga ketangkasan tangannya.

2.       Belajar memecahkan masalah

Ketika melihat mainannya ada yang tenggelam dan mengapung di dalam air, si kecil akan belajar bahwa tidak semua benda mengapung di air. Hal ini akan membuatnya mempelajari sebab dan akibat.

3.       Mengendalikan emosi

Berendam di air hangat bisa membuat orang dewasa merasa nyaman dan tenang. Bagi si Kecil, bermain air bisa membuat emosinya lebih tenang dan gembira. Aktivitas menyiram, menyiprat-nyipratkan air, dan menghentakkan kakinya di bak berisi air menjadi cara sederhana bagi anak untuk mengekspresikan emosinya.

4.       Mengembangkan kreativitas

Anak-anak bisa mengembangkan kreativitas dengan bermain air. Berbagai ide baru bisa dilakukannya saat bermain air, seperti berimajinasi dengan mainannya. Jadi, untuk para pendidik, ayah dan bunda…tidak perlu khawatir untuk mengajak anak bermain air, karena bermain air banyak manfaat dan sangat menyenangkan untuk anak-anak kita tercinta.

WhatsApp Image 2017-04-21 at 10.50.25 WhatsApp Image 2017-04-21 at 10.50.17 WhatsApp Image 2017-04-21 at 10.50.16WhatsApp Image 2017-04-21 at 10.50.22WhatsApp Image 2017-04-21 at 10.50.24

Share

Categories

Latest Posts

%d blogger menyukai ini: