Dua Siswa SD Daqu Dilantik sebagai Pramuka Garuda Kota Semarang

Home - Berita - Dua Siswa SD Daqu Dilantik sebagai Pramuka Garuda Kota Semarang

Dua Siswa SD Daqu Dilantik sebagai Pramuka Garuda Kota Semarang

IMG-20171018-WA0012 - Copy

Prestasi kembali ditorehkan oleh dua siswa-siswi SD Daarul Qur’an Semarang, yakni Adhyaksa Arief Wardana dan Rayya Tanisha Az zahra dari kelas 5. Pasalnya, Aksa (10 thn) dan Raya (10 thn) , begitu panggilannya, berhasil mengharumkan nama sekolah dan mewakili kecamatan Semarang Selatan dengan lolos seleksi Pramuka Siaga Garuda Se-Kwartir cabang kota Semarang.

Pramuka Garuda sendiri adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. Setiap anggota pramuka merindukan tingkatan ini. Pramuka Garuda akan disandang bagi peserta pramuka siaga yang telah menempuh tingkatan Siaga MUl, Siaga Bantu dan Siaga Tata. Ada beberapa syarat yang harus ditempuh oleh calon Pramuka Garuda. Seorang Pramuka Siaga ditetapkan sebagai Pramuka Garuda jika telah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: Menjadi contoh yang baik dalam Perindukan Siaga, di rumah, di sekolah atau di lingkungan pergaulannya, telah memiliki Tanda Kecakapan Khusus untuk Pramuka Siaga, sedikit-dikitnya enam macam dari tiga bidang Tanda Kecakapan Khusus, dapat menunjukkan hasta karya buatannya sendiri sedikit-dikitnya sembilan macam dengan menggunakan sedikit-dikitnya tiga macam bahan, pernah mengikuti Pesta Siaga, sedikitnya dua kali, dan dapat membuktikan dirinya sebagai penabung yang rajin dan teratur serta dapat mempertunjukkan kecakapannya di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya.

Sebelumnya, seleksi dilakukan pada hari sabtu, 5 Agustus 2017 di SMK 7 Semarang yang diikuti oleh 128 peserta dari golongan se kwartir cabang kota Semarang. Dari kecamatan Semarang Selatan mengirimkan 10 peserta dari berbagai sekolah dan diambil 10 terbaik dari 128 peserta tersebut. Alhamdulillah, Aksa dan Raya menjadi salah satu yang terbaik mewakili Semarang Selatan yang berhasil mencapai prestasi tersebut.

Dalam seleksi tersebut, Aksa dan Raya harus melalui berbagai macam tes dan memenuhi syarat kualifikasi. Salah satu tes yang harus dilalui adalah  tes menunjukkan hasta karya buatan sendiri dan pengoperasian komputer. “Kami berusaha yang terbaik untuk melatih dan mendampingi Ananda Raya dan Aksa dalam seleksi besar ini, apapun hasilnya ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi mereka dalam Pramuka” Ujar Mr Riyad selaku Ketua Gudep Putra SD Daarul Qur’an Semarang sekaligus pelatih yang mendampingi Aksa dan Raya menuju seleski Pramuka Garuda.

Pelantikan Pramuka Garuda ini dilaksanakan pada hari Senin, 16 Oktober 2017. Sebanyak 75 orang dari golongan siaga, penggalang, penegak dan pandega termasuk Aksa dan Raya dilantik langsung oleh Drs. Adi Tri Hananto, SE selaku ketua pramuka kwartir cabang kota Semarang. Pelantikan ini ditandai dengan penyematan lencana Pramuka Garuda kepada 75 peserta oleh beliau langsung. Beliau mengatakan bahwa para Pramuka Garuda yang dilantik ini merupakan kader-kader terbaik hasil seleksi dari para anggota Pramuka di kota Semarang.

“Aksa dan Raya ini merupakan sebagian dari generasi muda berkualitas yang diharapkan masyarakat kita. Oleh karena itu mudah-mudahan mereka dapat menjadi contoh untuk adik-adiknya di SD Daarul Qur’an Semarang untuk meraih masa depan yang cerah dan baik serta menjadi generasi muda unggulan” Tutur Miss Naila selaku Ketua Gudep Putri SD Daarul Qur’an Semarang sekaligus yang mengantar dalam pelantikan. Acara pelantikan berjalan dengan lancar dan mengharukan. Para peserta dan pembina yang hadir sangat terharu sekaligus bangga atas dedikasi juga prestasi yang di berikan oleh Pramuka terbaik ini.

Mr Fatkhur pun selaku Kepala Sekolah SD Daarul Qur’an Semarang mengaku bahagia dan bangga atas prestasi kedua siswa ini. Beliau menambahkan “Prestasi ini adalah hal yang membanggakan tidak hanya untuk sekolah, tetapi juga untuk orang tua mereka. Saya harap orang tua berperan aktif agar terus memompa semangat anaknya untuk mengikut sertakan anaknya dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler terutama pramuka”.

IMG-20171018-WA0018 IMG-20171018-WA0017 IMG-20171018-WA0014 IMG-20171018-WA0013

Categories

Latest Posts

%d blogger menyukai ini: