Sinergi Pendidikan di Sekolah dan Rumah Lewat Program Observasi

Home - Berita - Sinergi Pendidikan di Sekolah dan Rumah Lewat Program Observasi

Sinergi Pendidikan di Sekolah dan Rumah Lewat Program Observasi

WhatsApp Image 2017-11-30 at 10.34.43

Bicara pendidikan pada anak usia dini tidak hanya soal apa yang ia dapat di sekolah saja. Namun juga bagaimana penerapan ilmu di sekolah bisa diterapkan di lingkungan terdekat yakni keluarga. Maka untuk mensinergikan antara pendidikan di sekolah dan rumah, KB/TK Daarul Qur’an Ketapang, Tangerang, membuat program observasi bagi orangtua siswa.

Lewat program observasi ini orangtua diajak untuk meliat proses belajar dan mengajar di sekolah. Agar apa yang didapat anak di sekolah juga dapat diterapkan di rumah sehingga anak didik tidak bingung dalam usia-usia pembentukan jatidiri mereka.

“Ada dua program unggulan kami yang melibatkan orangtua yakni storytelling yakni orangtua bertugas membawakan cerita di kelas lalu program observasi ini” ujar Miss Yeni, Kepala Sekolah KB/TK.

Dua program ini, ditambahkan Yeni, ditujukan langsung kepada orangtua agar dapat bersinergi dengan kurikulum sekolah dalam menerapkan disiplin with love dan mengenalkan Allah pada anak.

Pada bulan November ini sendiri program observasi dilakukan pada tanggal 14-30 November dimana seluruh orangtua wajib mengikuti program ini.

“Karena guru tidak bisa bekerja sendiri. Untuk mendidik 1 orang anak, kita butuh 1 orang 1 kampung” tambahnya.

Program ini pun direspon positif oleh walimurid. Ali Afdal, orangtua dari Akhdan, menilai dengan kegiatan ini orangtua bisa mengetahui bagaimana perkembangan proses anak. Sehingga pendekatan yang dilakukan di sekolah bisa juga dilakukan di rumah.

“Saya sangat berterima kasih pada TK Daqu yg mengadakan kegiatan ini, sesungguhnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami para orangtua, disini saya mendapatkan pelajaran dimana para guru sangat menghargai anak-anak, memberi kesempatan pada anak anak untuk berani mengungkapkan ide-idenya, berani untuk menyampaikan gagasannya, anak-anak pun diberi kesempatan untuk bereksplorasi, berfikir, menganalisa dan memutuskan.
serta yg paling berkesan bagi saya adalah guru-guru selalu melibatkan Allah dalam setiap kegiatan bersama anak – anak ini yang membuat saya sangat beruntung memasukan anak saya ke TK Daarul qur’an” ujar Ali Afdal.

Hal serupa juga dikatakan oleh Wiwik Nurhafni, bunda Alkansa, ia mengaku terbantu dengan program ini.

“saya senang sekali, saya melihat di TK Daqu ini anak-anak belajar karakter dari awal kegiatan sampai akhir, top. Terimakasih miss-miss semua” ujarnya.

Categories

Latest Posts

%d blogger menyukai ini: