Jaring Potensi Siswa, SD Daarul Qur’an Semarang Adakan Class Meeting

Home - Berita - Jaring Potensi Siswa, SD Daarul Qur’an Semarang Adakan Class Meeting

Jaring Potensi Siswa, SD Daarul Qur’an Semarang Adakan Class Meeting

IMG-20171214-WA0028

Dalam rangka mengisi kekosongan kegiatan belajar mengajar usai Ujian Akhir Sekolah (UAS), SD Daarul Qur’an Semarang mengadakan kegiatan class meeting. Kegitan positif yang berupa aneka lomba ini sangat dinantikan oleh para siswa. Berbagai kegiatan dalam bentuk pertandingan yang menarik antar kelas tersajikan dalam kegiatan ini. Selain mengisi kekosongan KBM setelah UAS, kegiatan ini juga untuk melatih mental bersaing dan sportivitas serta menyalurkan bakat dan potensi mereka masing-masing.

Kami ingin menggelar Class Meeting tahun ini lebih meriah, lebih variatif, dan lebih bermanfaat. Tak hanya untuk mengendorkan saraf tegang paska UAS, tetapi kami ingin kegiatan ini menjadi ajang menambah keakraban dan memperat tali silaturrahmi atar siswa” ujar Mr Zuhri selaku ketua panitia.

Selama tiga hari yakni dari tanggal 13 – 15 Desember 2017, aneka lomba digelar untuk memeriahkan kegiatan Class Meeting di SD Daarul Qur’an Semarang. Pada hari pertama, Rabu 13 Desember 2017, dibuka dengan beberapa lomba yang bertema “Lomba Dinas” yakni lomba yang sering diikuti oleh siswa yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang. Lomba ini pun dikategorikan variatif sesuai dengan potensi dan kebutuhan siswa yakni lomba untuk kelas bawah (Kelas 1,2,3) dan lomba kelas atas (Kelas 4,5,6). Siswa-siswa kelas 1, 2, dan 3 mengikuti lomba mewarnai, bermain pianika, dan spelling bee. Sedangkan lomba untuk kelas atas yaitu bercerita islami, membaca puisi, menggambar, dan spelling bee.

Tak kalah semarak dan meriah, lomba di hari kedua, Kamis (14/12), juga disambut dengan semangat para siswa. Berbeda dengan lomba yang dilaksanakan pada hari pertama yang lebih mengutamakan potensi individual siswa, lomba di hari kedua ini bertema “Lomba Kesehatan dan Kebersamaan” yang lebih mengutamakan kekompakan dan sportivitas siswa. Terdapat tiga lomba yakni lomba futsal, memasukkan bola basket, dan estafet bola pingpong. Lomba di hari kedua ini boleh jadi kegiatan yang paling menyenangkan selama class meeting berlangsung. Keceriaan dan semangat lomba untuk menang begitu terpancar dari wajah-wajah polos para siswa.

Keesokan harinya, Jum’at (15/12) kegiatan class meeting ditutup dengan lomba-lomba yang bertema “KeDaQuan dan Keagamaan” yakni lomba-lomba yang mengusung nilai-nilai Islami yang diajarkan oleh Daarul Qur’an. Di hari terakhir ini, para siswa menunjukkan identitasnya sebagai siswa SD Daarul Qur’an melalui lomba adzan, tilawah, dan sholat (dari mulai niat, gerakan, bacaan,dzikir dan do’a usai sholat). Kegiatan lomba di hari jumat ini berlangsung dengan lancar, meriah, dan khidmat.

Melalui kegiatan class meeting ini, Mr Topo, selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan berharap bahwa para siswa menjadi pribadi yang tidak canggung dalam menunjukkan potensi diri dan class meeting ini juga menjadi sarana pembelajaran bagi siswa untuk saling menghargai dan saling menyayangi entah itu pada kakak atau adik kelas. “Semoga siswa kelas bawah (kelas 1,2,3) bisa membaur dengan kakak-kakak kelasnya begitupun sebaliknya, karena intinya dengan adanya kegiatan Class Meeting ini merupakan sarana bagi siswa untuk sportif dan bisa bekerja sama dalam melakukan apapun.” Tutur Mr Topo.

Share

Categories

Latest Posts

%d blogger menyukai ini: