ArtikelDakwah Mo Salah

“Salah scores again?? That’s it.. I’m Muslim now,” tulis seorang fans Liverpool, di akun twitternya setelah Salah mencetak gol yang membawa kemenangan Liverpool atas Southampton beberapa waktu lalu.
PesantrenDaQu PesantrenDaQu9 bulan ago418

Oleh Syakib

 

Saat narasi Islam di Eropa dan bahkan Dunia penuh dengan kalimat radikal, pengungsi, perusak dan sebagaimacamnya, Mohammed Salah turun ke tengah lapang dan menginspirasi banyak orang akan Islam.

Salah merupakan pesepakbola asal Mesir yang di datangkan oleh Liverpool, klub liga Inggris, pada musim 2017/2018 ini. Pemain yang sebelumnya merumput bersama AS Roma, klub Italia, ini tampil ciamik dalam musim pertamanya. Sebelumnya ia pernah memperkuat klub Inggris lainnya Chelsea. Namun, di klub berjuluk The Blues tersebut Mo Salah tidak bisa menunjukkan penampilan terbaiknya yang memaksa ia hengkang ke Italia.

Di Liverpool, Salah seperti ingin menunjukkan kemampuan aslinya. Belum genap satu musim sejumlah rekor klub telah ia pecahkan. Salah satunya rekor Robie Fowler, pemain legendaris Liverpool, yang berhasil mencetak 8 gol dalam 12 penampilan perdana pada klub berjuluk the reds tersebut.

Dalam sebuah candaan Fowler berujar, “Saya mulai muak dengan pemain ini!… Saya harus bicara dengan Mohamed Salah”

Tidak hanya dengan kualitas permainan yang banyak orang sorot. Belakangan agama Salah, yang kebetulan memeluk agama Islam, menjadi sorotan banyak orang. Meski bukan seorang yang suka menunjukkan kualitas ibadahnya namun Mo Salah dikenal sebagai muslim yang taat. Selebrasi dengan sujud syukur dan menengadahkan pandangan ke langit dengan jari telunjuk menunjuk ke atas, pertanda sujud syukur kepada sang khalik, kerap dilakukan seusai ia melesakkan gol ke gawang lawan.

Selain Mo Salah, saat ini tercatat nama Sadio Mane dan Emre Can sebagai pemain beragama Islam di Liverpool. Keduanya dikenal sebagai muslim yang taat. Dalam wawancara dengan Daily Mail, Mane mengakui berasal dari keluarga yang taat beragama. Ayahnya merupakan seorang imam masjid di Senegal, tempat asalnya. Mane bahkan kerap memberikan dana untuk pembangunan sejumlah masjid di negaranya.

Begitu juga Salah. Saat memperkuat FC Basel, Chelsea, Fiorentina, dan AS Roma, ia tetap melakukan kewajiban salat. Ia juga memberikan anaknya nama Makka, yang terinspirasi dari kota suci umat Islam, Mekkah.

Beberapa foto yang beredar di media sosial juga kerap memperlihatkan Salah yang tengah membaca Al-Qur’an saat sedang berada di pesawat dalam sebuah perjalanan.

Kiprah Salah di lapangan hijau pun berdampak pada para fans Liverpool. Pemain yang telah mencetak 30 gol bagi klub barunya tersebut kini menjadi pujaan fans. Sejumlah fan bahkan dengan berani menulis status bahwa ia juga seorang muslim layaknya Mohammed Salah.

“Salah scores again?? That’s it.. I’m Muslim now,” tulis seorang fans Liverpool, di akun twitternya setelah Salah mencetak gol yang membawa kemenangan Liverpool atas Southampton beberapa waktu lalu.

Terbaru, seusai Liverpool menaklukkan tuan rumah FC Porto di Liga Champion Eropa, beredar di media sosial video sejumlah fans Liverpool menyanyikan pujian bagi Salah dengan lirik unik. Selain menceritakan kehebatan Salah, dalam lagu tersebut para suporter berjanji akan masuk Islam jika pemain asal Mesir tersebut kembali mencetak gol untuk Liverpool.

Salah pun kini menjadi idola baru di tanah Eropa. Gocekan dan golnya tidak hanya membuat orang mengakui kualitas sepakbolanya. Namun di sisi lain ia juga mengikis perlahan narasi negaitf akan Islam yang banyak beredar. Tanpa banyak kata dan ajakan ia telah menginspirasi banyak orang untuk mengenal Islam. Semoga akan banyak yang mengenal Islam dengan lebih baik seiring tokcernya keran gol Mohammed Salah.
Berikut lirik lagu yang dinyanyikan sejumlah fans untuk Mohammed Salah:

Mo Sa-lah lah lah lah lah
Mo Sa-lah lah lah lah lah
If he’s good enough for you
he’s good enough for me
If he scores another few
then I’ll be Muslim too
If he’s good enough for you
he’s good enough for me
Sitting in a mosque
That’s where I wanna be
Mo Sa-lah lah lah lah lah

PesantrenDaQu

PesantrenDaQu

daqu.sch.id

Gd. Adh-Dhuha Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an
Jl. Thamrin Ketapang, Kp. Ketapang Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten
021-2789 9696

PesantrenDaQu, 2018 © All Rights Reserved