Menjalankan Sunnah Sekaligus Menjaga Kesehatan Lewat Berenang

Home - Berita - Menjalankan Sunnah Sekaligus Menjaga Kesehatan Lewat Berenang

Menjalankan Sunnah Sekaligus Menjaga Kesehatan Lewat Berenang

Afia, Aric dan Keshin asyik mengepakkan kakinya di kolam renang Apartemen Green Palace. Kedua tangan mereka berpegangan pada tepian kolam. Sesekali mereka memasukkan kepala ke dalam air untuk berlatih pernapasan. Proses ini mereka lakukan berulang hingga mereka bisa menghilangkan ketakutan pada air.

Kegiatan renang menjadi salah satu kegiatan rutin siswa KBTK Daarul Qur’an Kalibata City. Renang, selain dapat mempercepat pertumbuhan anak juga olahraga yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw selain berkuda dan memanah. Kegiatan renang juga masuk dalam kurikulum sistem pendidikan nasional.

Bagi anak-anak setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari aktivias berenang, yaitu:
1. Dapat menyehatkan jantung
2. Melatih pernafasan
3. Melatih keberanian
4. Melatih disiplin
5. Membentuk dan menguatkan otot

Kegiatan berenang di KBTK Daqu Kalcit dimulai dari pukul 08.00-10.00 WIB yang kegiatannya diawali dengan circle time dan pemanasan. Setelah itu anak-anak turun ke kolam renang adaptasi dengan air, menggerakkan kaki dan tangan untuk melatih kekuatan kaki dan tangan, serta berlatih bernafas didalam air dengan menenggelamkan kepala di dalam air selama beberapa detik dengan pengawasan guru.

Selanjutnya para siswa mencoba berenang satu persatu dengan dibantu guru, dan bermain perosotan air. Kegiatan berenang diakhiri dengan kegiatan mandi dan bersih-bersih badan yang dilanjutkan dengan istirahat, makan dan minum susu, serta bermain di taman.

Categories

Latest Posts

%d blogger menyukai ini: