BeritakalibataKenali Hewan Ternak di Habitatnya Langsung

Di era teknologi canggih dan serba instan seperti saat ini maka anak-anak perlu diberikan pengalaman kehidupan yang nyata untuk memungkinkan mereka mengetahui dunia luar tempat mereka tinggal, terutama dalam memahami kebutuhan untuk membudidayakan ternak.
PesantrenDaQu PesantrenDaQu8 bulan ago344

Oleh: Mr. Darmawan M. (Koord. Bahasa)

Di era teknologi canggih dan serba instan seperti saat ini maka anak-anak perlu diberikan pengalaman kehidupan yang nyata untuk memungkinkan mereka mengetahui dunia luar tempat mereka tinggal, terutama dalam memahami kebutuhan untuk membudidayakan ternak. Sebagai Muslim adalah kewajiban kita untuk belajar mengolah ternak untuk kebutuhan makanan kita sendiri.

Oleh karena itu pada Sabtu, 31 Maret 2018 (14 Rajab 1439 H), SD Daarul Quran Kalibata City mengadakan studi wisata ke Kuntum Farmfield di Tajur, Bogor, Jawa Barat. Belasan siswa, guru dan karyawan berkesempatan untuk menyaksikan karunia ciptaan Allah SWT Yang Maha Kuasa melalui kunjungan ke lahan pertanian dan peternakan.

Terdapat pula sesi parenting yang disampaikan oleh Dr. Benny Al-Farisi, S.Pd., MM., yang mengingatkan kita semua mengenai pentingnya “valuable times” dihabiskan bersama antara orangtua dan anak, dan menghindari dampak negatif globalisasi dengan interaksi yang intensif antara anak dan orangtua .

Para siswa juga berkesempatan untuk menyaksikan gerakan anggun angsa dan itik di kolam air yang mengalir bersih, gerakan lincah dari kelinci dan hamster ketika menerima pakan, dan lahapnya hewan ternak seperti kambing dan sapi yang selalu meminta rumput dan susu dari para siswa yang berkunjung.

“Ini adalah kesempatan yang baik bagi siswa kami untuk memahami pentingnya keahlian untuk bisa memelihara ternak karena hewan-hewan ini adalah sumber pakan kita sehari-hari,” kata Drs. H. Sukman Hermawan, Kepala Biro Full Day Daquschools ketika ditanya tentang tujuan fieldtrip ini.

“Saya belajar banyak dari kunjungan ke Kuntum Farmfield, Bogor, ini. Sebagai siswa kita perlu menyadari pentingnya menanam pohon karena mereka adalah bagian dari ekosistem kita, ”kata Rahma Puti Syarifah, siswa kelas 5 yang begitu bahagia karena dapat mengunjungi tempat itu bersama bundanya.

this post also available in: enEnglish

PesantrenDaQu

PesantrenDaQu

daqu.sch.id

Gd. Adh-Dhuha Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an
Jl. Thamrin Ketapang, Kp. Ketapang Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten
021-2789 9696

PesantrenDaQu, 2018 © All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: