AmalanArtikel6 Tips Menghafal Alquran Bagi Anda Yang Sibuk 

Menghafal Alquran adalah mimpi bagi setiap muslim. Namun banyak yang beralasan kesibukan sehari-hari membuyarkan mimpi tersebut. Terutama bagi Anda pekerja. Meskipun begitu banyak pakar yang memberikan tips bagaimana Anda tetap bisa menghafal Alquran ditengah kesibukan sehari-hari.
PesantrenDaQu PesantrenDaQu4 bulan ago1872

Menghafal Alquran adalah mimpi bagi setiap muslim. Namun banyak yang beralasan kesibukan sehari-hari membuyarkan mimpi tersebut. Terutama bagi Anda pekerja. Meskipun begitu banyak pakar yang memberikan tips bagaimana Anda tetap bisa menghafal Alquran ditengah kesibukan sehari-hari.

1. Bangun Lebih Pagi

Bila biasanya Anda bangun jelang subuh atau bahkan pas dengan adzan subuh, maka Anda harus memajukan jadwal bangun Anda minimal satu jam sebelum adzan subuh berkumandang. Lakukan shalat malam lalu untuk para lekaki tunaikan shalat subuh di masjid. Saat Anda sudah melaksanakan shalat subuh, alih-alih menghabiskan waktu untuk menonton televisi atau berselancara di internet ada baiknya habiskan beberapa menit untuk menghafal Alquran.

2. Tetapkan Tujuan Yang Realistis dan Hafalkan Sedikit  Dari Yang Anda Pikirkan

Diawal-awal menghafal Alqur’an Anda mungkin tergoda untuk menghafal satu atau dua halaman perhari karena ini tampaknya menjadi tujuan yang realistis. Namun, kebanyakan orang akan menyerah karena keterbatasan waktu. Sebaliknya, turunkan harapan Anda dan mulailan dengan menghafal tiga hingga lima baris setiap hari. Gunakan waktu selama 20 menit untuk teknik ini akan membantu bagi Anda yang sibuk.

3. Gunakan Teknik Yang Familiar

Saat ini banyan teknik untuk menghafal Alquran. Pilih teknik terbaik yang nyaman bari Anda. Seperti misalnya menguan sebanyak 10-20 kali untuk satu ayat yang akan kita hafal.

4. Sekecil Apapun Waktu Luang Yang Ada Gunakan Untuk Mengulang Hafalan Anda

Gunakan waktu kosong yang ada untuk mengulang hafalan Anda. Misal saat sedang menunggu bus atau kereta, saat menunggu panggilan dokter di rumah sakit dan lainnya.

5. Ulang Hafalan Anda Dalam Waktu Shalat

Untuk semakin memperkuat apa yang sudah Anda hafal, baca ayat-ayat tersebut dalam sholat lima waktu.

6. Jauhkan Gangguan Saat Anda Menghafal

Anda butuh suasana yang tenang untuk menghafal Alquran. Maka diwaktu yang telah Anda tetapkan untuk menghafal, saat pagi hari misalnya, matikan ponsel dan laptop Anda. Dengan lingkungan yang tenang Ada dapat meningkatkan fokus dan dengan demikian otak Anda cepat menangkap apa yang akan Anda hafal.

Demikian 6 tips untuk menghafal Alquran bagi Anda yang sibuk. Namun demikian, yang perlu Anda ingat,  kunci untuk menghafal Alquran adalah konsistensi, dedikasi, dan kerja keras. Terlebih lagi, dengan menghafal Alquran, itu tidak hanya akan meningkatkan iman dan ketakwaan Anda tetapi juga akan kepercayaan diri dan keyakinan Anda.

Selamat Menghafal!!

PesantrenDaQu

PesantrenDaQu

daqu.sch.id

Gd. Adh-Dhuha Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an
Jl. Thamrin Ketapang, Kp. Ketapang Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten
021-2789 9696

PesantrenDaQu, 2018 © All Rights Reserved