Anda Ingin Memiliki Anak Penghafal Quran? Begini Tipsnya

Home - Artikel - Amalan - Anda Ingin Memiliki Anak Penghafal Quran? Begini Tipsnya

Anda Ingin Memiliki Anak Penghafal Quran? Begini Tipsnya

Memiliki seorang anak yang juga penghafal Alquran menjadi mimpi orangtua di mana saja. Maka kini banyak anak dari mulai usia SD hingga yang baru lulus SMU masuk dalam lembaga-lembaga pendidikan menghafal Alquran seperti pesantren dan lainnya.

 

Namun begitu orangtua harus juga menyadari bahwa menghafal Alquran itu bukanlah tugas kecil. Dibutuhkan usaha yang kuat, fokus yang kuat, serta dedikasi yang kuat dari orangtua.

 

Meski di pesantren anak akan sehari-hari dengan para pembimbing halaqoh quran namun orangtua juga memiliki peran dalam kesuksesan anak menghafal quran. Berikut ini beberapa hal yang dapat orangtua lakukan untuk memperlancar target anak dalam menghafal Quran:

 

Berdo’a. Doa orangtua bagi anak-anak Anda merupakan hadiah berharga bagi mereka karena hanya Allah swt yang benar-benar dapat membantu seseorang dalam hal apapun, termasuk memberi kemudahan bagi anak Anda untuk menghafal ayat-ayat-Nya.

 

Motivasi Anak Anda Agar Jauh Dari Perbuatan Dosa. Ingat, cahaya dan kegelapan itu tidak bisa berada pada tempat yang sama. Begitu juga cahaya Alquran dan kegelapan dosa tidak bisa berada pada tempat yang sama. Banyak melakukan kegiatan yang tidak baik, melalaikan shalat serta terlibat dalam kegiatan dosa yang berkepanjangan juga tidak disukai oleh Allah swt. Terus motivasi anak Anda untuk selalu mendekat kepada Allah swt. Jiwa yang kuat karena kedekatan pada Allah swt akan lebih cepat dalam menghafal Alquran.

 

Jadilah Teladan Bagi Anak. Jadilah teladan bagi anak Anda dalam kedekatan dengan Alquran. Saat anak Anda melihat Anda membaca Al-Qur’an, Insya Allah mereka akan bersemangat untuk melakukan hal yang sama.

 

Berikan Makanan Yang Halal dan Baik. Perhatikan asupan makanan untuk anak Anda. Pastikan dia hanya memakan yang halal dan baik. Makanan haram jelas akan memberikan dampak negaitf terhadap kemampuan anak dalam menghafal Alquran. Selain itu pastikan anak Anda mengkonsumsi makanan bergizi agar tetap sehat.

 

Bantu Mereka Membuat Jadwal. Bantu anak Anda membuat jadwal agar mereka fokus dan konstan dalam menghafal Alquran. Waktu setelah subuh dan setelah shalat maghrib adalah yang tepat bagi anak Anda menghafal Alquran atau cari waktu yang nyaman bagi anak Anda.

 

 

oleh : Gumanti

Share:

Categories

Latest Posts

%d blogger menyukai ini: