BeritaBerita FotoFulldayKegiatanSerunya DaQu Camp Semarang

SD Fullday DaQuschool Semarang menggelar acara Daqu Camp yang bertempat di Bumi Perkemahan Greenland Gonoharjo Kendal pada tanggal 20-21 september yang lalu.
PesantrenDaQu PesantrenDaQu2 bulan ago227

SD Fullday DaQuschool Semarang menggelar acara Daqu Camp yang bertempat di Bumi Perkemahan Greenland Gonoharjo Kendal pada tanggal 20-21 september yang lalu.

Kegiatan perkemahan yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini dilaksanakan oleh gugus depan pramuka SD Fullday DaQuschool Semarang yang memiliki misi untuk mewujudkan peserta didik yang beriman, berprestasi, bersikap sosial, peduli lingkungan dan untuk mensinergikan nilai-nilai yang terdapat dalam pramuka dengan nilai-nilai islam yang toleransi dan berjiwa patriotisme.

Mr. Riyadh selaku pembina pramuka gudep SD Fullday DaQuschool Semarang menambahkan pramuka adalah wadah bagi pembentukan jiwa nasionalisme, melalui kegiatan perkemahan seperti ini maka akan tertanam jiwa kebersamaan, gotong royong dan kerja sama antara satu dan lainnya.

“Melaui gerakan pramuka inilah maka akan didapatkan proses pembelajaran yang sangat mendasar yaitu tentang tumbuh kembangnya semangat nasionalisme dan kebangsaan”, ujarnya.

Dengan pengembangan sikap kebersamaan, dedikasi tinggi, loyalitas dan kreatifitas yang kelak tentu akan berguna bagi kehidupan nyata di masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 4, 5 dan 6 SD Fullday DaQuschool Semarang yang berjumlah 88 anak, terdiri dari 8 regu / barung putra dan 3 regu / barung putri.

Kepala SD Fullday DaQuschool Semarang, Mr Sutopo mengatakan, melalui kegiatan ini sekolah berupaya untuk membentuk peserta perkemahan menjadi siswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulia dan sehat jasmani serta rohani.

“Kemudian supaya mereka memiliki dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan untuk melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi”, ujarnya

Lebih lanjut menurutnya, ada hal penting lainnya yang mesti dimiliki oleh siswa yaitu kepekaan sosial dan peduli lingkungan, kreatif, serta semangat untuk mengembangkan diri secara terus menerus.

Rayya (12) satu diantara peserta menuturkan aktif dibidang kepramukaan mengajarkan bagi dirinya menjadi pibadi yang mandiri, belajar bekerja sama didalam kelompok dan belajar bersaing secara sportif.

“Mengikuti kemah sudah beberapa kali, kebetulan juga aktif di pramuka. Tidak hanya karena diwajibkan, tapi merasa senang saja rasanya bisa kumpul sama teman-teman”, tutur siswa kelas 6 SD Daarul Qur’an Semarang tersebut.

Sebagai seorang penggalang menurutnya juga harus bertanggung jawab, memberikan contoh dan pembelajaran yang positif kepada adik-adik kelasnya.

“pengetahuan bertambah karena banyak materi yang diberikan, dari sebelumnya tidak tahu menjadi tahu.’’ Lanjutnya

Dikatakannya selama dua hari pelaksanaan perkemahan, diisi dengan berbagai kegiatan yang menumbuhkan kreatifitas anak dan bagaimana siswa dapat memanajemen kelompok regunya. Adapun kegiatan yang diadakan adalah penyalaan api unggun, aneka lomba, hiking, shalat jamaah, tahajud, witir dan dhuha. Beberapa lomba yang dilaksanakan dalam Daqu Camp ini yaitu cerdas cermat, pentas seni dan wide game.

PesantrenDaQu

PesantrenDaQu

daqu.sch.id

Gd. Adh-Dhuha Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an
Jl. Thamrin Ketapang, Kp. Ketapang Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten
021-2789 9696

PesantrenDaQu, 2018 © All Rights Reserved