Beritadaqu school semarangFulldayMelihat Lebih Dekat Pembuatan Teh Kemasaan

Rabu, 25 Oktober, 2018 siswa-siswi SD Daarul Qur’an Semarang mengikuti kegiatan Field Trip ke PT. Sinar Sosro yang bertempat di Ungaran, Jawa Tengah. Kegiatan ini adalah bagian program tahunan sekolah. Kegiatan Field Trip tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas 4, 5, dan 6 serta didampingi oleh beberapa guru dan wali kelas masing-masing. Peserta menggunakan 4 Bis yang berangkat dari sekolah pukul 10.00 WIB. Selain menjadi program kegiatan tahunan sekolah, kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan para...
PesantrenDaQu PesantrenDaQu1 minggu ago66

Rabu, 25 Oktober, 2018 siswa-siswi SD Daarul Qur’an Semarang mengikuti kegiatan Field Trip ke PT. Sinar Sosro yang bertempat di Ungaran, Jawa Tengah. Kegiatan ini adalah bagian program tahunan sekolah. Kegiatan Field Trip tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas 4, 5, dan 6 serta didampingi oleh beberapa guru dan wali kelas masing-masing. Peserta menggunakan 4 Bis yang berangkat dari sekolah pukul 10.00 WIB. Selain menjadi program kegiatan tahunan sekolah, kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan para siswa tentang dunia usaha di bidang industri tentang sejarah dan proses pembuatan teh langsung dari pabriknya.

Perjalanan dari sekolah menuju ke lokasi membutuhkan waktu 1,5 jam. Sebelum berangkat, para siswa mendengarkan arahan dari Mr Topo selaku Kepala Sekolah SD Daarul Qur’an Semarang. Siswa dihimbau untuk tetap tertib dan menjaga sopan santun selama kegiatan. Selama perjalanan, suasana di dalam bis begitu menyenangkan. Para siswa begitu antusias dan bersemangat. Ada yang mengobrol bersama teman-temannya sambil melihat indahnya pemandangan di luar, ada yang mengantuk dan tidur di bis, ada yang bermain tebak-tebakan, ada juga yang menyanyi sepanjang perjalanan.

Alhamdulillah, pukul 11.20 WIB, rombongan tiba di lokasi. Setiba di lokasi, rombongan disambut oleh dua staff dari PT Sosro dengan ramah dan hangat. Para siswa diarahkan untuk menuju masjid di lokasi tersebut untuk menunaikan sholat Dzuhur berjamaah dahulu. Setelah itu, para rombongan menikmati makan siang bersama dan peserta juga mendapatkan teh botol kemasan. Kemudian, anak-anak diajak oleh staff PT.Sosro untuk berkeliling dan masuk ke dalam pabrik untuk melihat bagaimana proses pembuatan teh di Pabrik Sosro.

Di dalam pabrik, para peserta dilihatkan bagaimana proses pembuatan teh dari tahap awal hingga akhir. Selama kegiatan tersebut, para siswa mencatat hal-hal penting yang mereka lihat didalam pabrik. Mereka juga diberikan kesempatan untuk bertanya tentang apa saja yang ingin mereka ketahui selama proses tersebut. Kemudian, peserta diarahkan masuk kedalam aula besar untuk menyaksikan sejarah berdirinya PT.Sosro melalui video dan sekaligus acara penutupan kegiatan Field Trip. Sebagai penutup, Mr Topo, selaku Kepala Sekolah SD Daarul Qur’an Semarang, mengungkapkan “Alhamdulillah, Melalui kegiatan field trip ini, saya berharap anak-anakku semua, para siswa SD DaQu Semarang bisa menambah pengetahuannya tentang dunia usaha dan kelak semoga bisa menjadi pemimpin masa depan yang tak hanya hafal Al Qur’an, tetapi juga memiliki jiwa enterpreneur yang hebat.”

Kegiatan selesai pukul 14.00. Rombongan SD DaQu Semarang mendapatkan bingkisan produk dari PT.Sosro untuk dibawa pulang. Aksa, salah satu peserta field trip dan siswa kelas 6, mengungkapkan “Kegiatan field trip hari ini sangat seru dan menyenangkan. Selain bisa menambah pengetahuan, saya juga tahu bagaimana kondisi sesungguhnya di dunia usaha saat masuk ke pabriknya.” Melalui kegiatan dan pengetahuan ini, para siswa diharapkan siap untuk menghadapi dunia usaha di masa depan. Para siswa juga diminta untuk menulis sebuah essay berbentuk laporan kegiatan sebagai bahan tugas dan pembelajaran.

PesantrenDaQu

PesantrenDaQu

daqu.sch.id

Gd. Adh-Dhuha Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an
Jl. Thamrin Ketapang, Kp. Ketapang Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten
021-2789 9696

PesantrenDaQu, 2018 © All Rights Reserved