BeritaFulldayAgen Perubahan itu Bernama Guru

Setiap tanggal 25 November hari guru selalu diperingati, bebagai kegiatan pun dihelat mulai dari seremoni, olahraga, sosial, maupun penghargaan. Sebagai tenaga profesional, guru dituntut memvalidasi ilmunya, baik melalui belajar sendiri maupun melalui program pembinaan dan pengembangan yang dilembagakan oleh pemerintah maupun masyarakat. Dalam UU no.14 tahun 2005, kata profesional diartikan sebagai pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma...
PesantrenDaQu PesantrenDaQu3 minggu ago77

Setiap tanggal 25 November hari guru selalu diperingati, bebagai kegiatan pun dihelat mulai dari seremoni, olahraga, sosial, maupun penghargaan.

Sebagai tenaga profesional, guru dituntut memvalidasi ilmunya, baik melalui belajar sendiri maupun melalui program pembinaan dan pengembangan yang dilembagakan oleh pemerintah maupun masyarakat.

Dalam UU no.14 tahun 2005, kata profesional diartikan sebagai pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

Seorang guru profesional akan senantiasa melakukan yang benar dan baik. Konsekuensinya, dia harus selalu mengembangkan tingkah laku dan tindakan strategis yang cermat dalam upaya membangun sikap religius dan uswah hasanah di lingkungan sekolah.

Atau dengan kata lain, dia dapat bekerja keras dan cerdas.Bekerja keras menunjuk pada kemampuan untuk melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh, cepat dan berbobot, sedang bekerja cerdas yakni melaksanakan sesuatu berdasarkan pertimbangan peluang dan tantangan yang terjadi sekaligus mampu membaca tanda zaman.

Artinya apa yang dikerjakan mempunyai nilai strategis untuk masa kini dan masa yang akan datang dalam upaya pembentukan jiwa religius peserta didik.
Jadi, saat ini guru bukan hanya berperan sebagai pengajar dalam arti yang sempit ( transfer of knowladge) tapi juga sebagai pendidik (transfer of value).

 

 

Disamping itu ia juga memainkan peranan sebagai pemimpin, pengelola, pembimbing dan fasilitator guna memudahkan proses pembelajaran atau diistilahkan sebagai leader of learning, director of learning, manager of learning dan sekaligus facilitator of learning.

Peran guru sebagai sebagai agen perubahan tak terbantahkan. betapa tidak pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan.dengan pendidikan kita dapat memajukan kebudayaan dan derajat bangsa dimata internasional.

Selamat Hari Guru.

Ditulis oleh: Fatkhruhman, Kepala Sekolah SD Daqu Kalibata City.

PesantrenDaQu

PesantrenDaQu

daqu.sch.id

Gd. Adh-Dhuha Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an
Jl. Thamrin Ketapang, Kp. Ketapang Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten
021-2789 9696

PesantrenDaQu, 2018 © All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: