Dream DaQu 5 Benua

 

BeritaFulldayShibyan Menyelamatkan Bumi

Pagi hari di PAUD Shibyan Daarul Qur’an, seperti biasa para guru siap menyambut siswa yang datang dengan senyum ceria. Kegiatan hari ini ada yang berbeda dari biasanya. Ibu guru sudah menyiapkan bahan-bahan untuk menanam pohon. Ya, hari ini tanggal 10 Januari yaitu Hari Satu Juta Pohon. Kami biasa memperingatinya dengan kegiatan menanam pohon. Pukul 07.00 WIB para siswa mulai berdatangan. Para siswa sudah mendapat tugas dari ibu guru untuk membawa pohon sejak minggu lalu. Para...
PesantrenDaQu PesantrenDaQu3 bulan ago184

Pagi hari di PAUD Shibyan Daarul Qur’an, seperti biasa para guru siap menyambut siswa yang datang dengan senyum ceria. Kegiatan hari ini ada yang berbeda dari biasanya. Ibu guru sudah menyiapkan bahan-bahan untuk menanam pohon. Ya, hari ini tanggal 10 Januari yaitu Hari Satu Juta Pohon. Kami biasa memperingatinya dengan kegiatan menanam pohon.

Pukul 07.00 WIB para siswa mulai berdatangan. Para siswa sudah mendapat tugas dari ibu guru untuk membawa pohon sejak minggu lalu. Para siswa datang dengan senyuman dan membawa pohon. Sudah ada yang membawa pohon sejak kemarin dan ada yang baru membawanya hari ini. Pukul 08.00 WIB para siswa sudah berkumpul untuk mulai kegiatan Circle Time. Dilanjutkan dengan kegiatan sholat dhuha, tahsin tahfizh, dan snack time. Setelah snack time, para siswa melakukan kegiatan transisi untuk menuju kegiatan inti, yaitu menanam pohon.

Dikarenakan tempat yang tidak memadai jika seluruh siswa ikut dalam satu kegiatan, ibu guru membagi dua sesi untuk kegiatannya. Di hari Kamis, 10 Januari 2019 kelompok Toddler dan Play Group mendapat kesempatan untuk menanam pohon. Sedangkan kelompok TK A dan TK B dilakukan di hari Jum’at, 11 Januari 2019. Para siswa mengikuti kegiatan menanam pohon dengan antusias. Ibu guru memperkenalkan alat dan bahan yang diperlukan untuk menanam pohon yaitu:
Alat:
Polybag
Cangkul
Alas untuk tanah (Banner yang sudah tidak dipakai)
Sarung tangan
Sapu kecil

Bahan:
Tanaman
Tanah
Pupuk

Para siswa sangat senang mendapat pengalaman menanam pohon. Menanam pohon memiliki banyak manfaat, terutama untuk kehidupan manusia. Yuk, kita intip manfaatnya yang saya kutip dari sumber ini:

  • Pepohonan mencegah perubahan iklim
  • Pepohonan membersihkan udara
  • Pepohonan menghasilkan oksigen
  • Pepohonan sebagai habitat bagi margasatwa
  • Pepohonan sebagai penghasil makanan
  • Pepohonan untuk obat
  • Pepohonan baik untuk kesehatan mental
  • Pepohonan sebagai penyedia kayu

Menanam pohon juga ada manfaatnya lhoo untuk anak. Berikut manfaat menanam pohon bagi anak berdasar sumber ini:

  • Menumbuhkan kecintaan Anak terhadap alam dengan mengenal tanaman dan hewan di sekitar rumah.
  • Membuatnya bergerak  lebih aktiff.
  • Belajar memahami proses pertumbuhan.
  • Anak juga bisa mengetahui proses menanam, memelihara, memetik dan
    memasaknya menjadi hidangan lezat di meja makan. Itu semua akan mengasah berbagai keterampilan dan memberinya pengalaman yang menyenangkan. Apalagi jika anak diberi kebebasan untuk memilih tanaman sendiri.
  • Dengan menanam di kebun sendiri, Ayah Bunda juga otomatis bisa
    belajar untuk berkebun dengan benar agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Selain itu Ayah Bunda pun bisa akan menjamin bahwa tanaman aman
    dikonsumsi. Karena, tumbuh tanpa pestisida. Sebaiknya, pilih buah-buahan
    dan sayuran yang mudah ditanam, cepat tumbuh, dan dipanen.

    Wah, ternyata banyak sekali yaa manfaat pohon bagi kita. Yuk, kita mulai menanam pohon dan menjaga bumi kita.

 

ditulis oleh: Aryana Tarris Diva, wakepsek Daqu Shibyan Tebet

 

PesantrenDaQu

PesantrenDaQu