Dream DaQu 5 Benua

 

BeritaFulldayFulldayMabit di SD Daqu Semarang Berlangsung Khidmat

Dengan kegiatan ini siswa-siswa diharapkan bisa mengaplikasikan nilai Alquran dalam kehidupan
PesantrenDaQu PesantrenDaQu3 bulan ago223

Untuk meningkatkan kedisiplinan siswa siswi dalam menjaga keistiqomahan hafalan Alquran dan menerapkan nilai- nilai yang ada dalam Alquran sehingga tercapainya imtaq yang sebenar-benarnya, SD Daarul Qur’an School Semarang menyelenggarakan Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit) pada 22 – 23 Februari 2019 lalu.

Kegiatan ini berlangsung di lokal baru SD Daarul Qur’an School yang berlokasi di Komplek Masjid Al- Ikhlas, Jl. Dr. Cipto No. 11 Semarang, Jawa Tengah. Para siswa menginap di sekolah untuk diajak mengaktualisasi nilai-nilai yang ada dalam Alquran.

Hari pertama diadakan acara pembukaan kegiatan MABIT oleh kepala sekolah di aula SD Daarul Qur’an School. Yang pada pembukaan itu disampaikan bahwa harapan diadakannya MABIT adalah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa siswi dalam menjaga keistiqomahan hafalan Al- Qur’an dan menerapkan nilai- nilai yang ada dalam Al-Qu’an sehingga tercapainya imtaq yang sebenar-benarnya.

Soetopo, S.Pd, selaku kepala sekolah mengharapkan setelah kegiatan ini siswa dan siswi hendaknya dapat lebih menghormati orangtua dan guru baik di sekolah dan dimanapun, dan apa yang diperoleh selama kegiatan MABIT dapat diterapkan dilingkungan keluarga dan dimanapun, serta menjadi contoh tauladan di sekolah.

Acara ini juga berlangsung seusai shalat Jumat ini berlangsung menyenangkan. Dimulai dari shalat Ashar berjamaah dan dilanjutkan dengan pembukaan acara serta adanya ice breaking dari Mr. Yudi dan Ms. Dewi yang menambah keceriaan suasana di sore itu. Setelah itu dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Kak Kus. Materi yang disampaikan adalah dongeng yang mengilustrasikan seorang anak yang taat dan patuh kepada orangtua, sehingga pelajaran yang mampu diambil dari dongeng tersebut siswa dan siswi diharapkan, setelah mendengarkan dongeng tersebut, mampu menerapkan sifat taat dan berbakti kepada orangtua. Setelah itu siswa-siswi diperkenankan untuk bersiap-siap melaksanakan shalat Maghrib berjama’ah lalu melanjutkan makan malam bersama-sama. Malam setelah shalat isya’ berjamaah siswa siswi melanjutkan materi yang disampaikan oleh Kak kempo, disini siswa siswi diajak bermain sambil belajar. Yakni menggambar dan mewarnai. Dimana menggambar merupakan suatu kegiatan yang melatih fungsi penting dalam pngembangan fisik, emosi, kreativitas, serta kognitif anak.

 

Anak-anak dibangunkan pada pukul 03.00 pagi untuk melaksanakan shalat tahajud berjamaah, dan dilanjutkan dengan membaca asmaul husna sembari menunggu waktu subuh datang. Setelah itu dilanjutkan morajaah hafalan- hafalan Al-Qur’an untuk memperkuat daya ingatan hafalan mereka. Mulai Sabtu pagi siswa siswi melaksanakan senam bersama dan sarapan serta menutup acara MABIT dengan melaksanakan shalat Dhuha berjamaah.

PesantrenDaQu

PesantrenDaQu