BeritaKegiatanDaqu Food Festival: Belanja Untuk Sedekah

“Belanja Sambil Sedekah, Anda Belanja Anda Sedekah”
PesantrenDaQu PesantrenDaQu3 bulan ago216

Untuk pertama kalinya pesantren tahfizh Daarul Qur’an Lampung menggelar kegiatan Daqu Food Festival. Diikuti oleh seluruh santri dan para assatidz acara ini digelar pada Sabtu, 13 April 2019.

Bertemakan “Belanja Sambil Sedekah, Anda Belanja Anda Sedekah” acara ini digelar untuk melatih jiwa enterpreneur para santri sekaligus semangat berbagi. Kegatan dibuka dengan lantunan tilawah Alquran yang dibawakan oleh Ananda Aldino Syafna dan Arya Trisandi, keduanya santri kelas 7A. Setelah itu dilanjutkan sambutan oleh ustaz Mulyanto selaku pengasuh pesantren Daqu Lampung.

“Dari kegiatan ini kita sama-sama belajar tentang melatih jiwa enterpreuner , berwirausaha menurut Syariah islam, mengajarkan kekuatan dalam berusaha untuk menggapai setiap tujuan dan yang paling utama adalah mencari ridho ALLAH SWT serta selamat dunia akhirat” ujar ustaz Mulyanto.

Kehadiran para wali santri menambah semangat para santri menyajikan kuliner terbaik buatan tangan mereka. Para koki cilik pun mulai menyiapkan stand serta peralatan mereka. Ada yang menata meja, menyiapkan bahan-bahan masakan serta menghias papan menu agar terlihat menarik.

Berbagai makanan seperti batagor, ketoprak telur puyuh , mie ayam, es buah , es kelapa muda dan lainnya tersedia. Teriakan para santri mulai bersahutan menggoda pengunjung yang hadir. Santri rumah tahfizh putri pun ikut berpartisipasi dalam acara ini , tak mau kalah dengan santri putra , mereka juga menjual makanan seperti brownis cake anti rindu, risol boom chiki boom, dan rujak cingur membahana. Semua makanan dijual dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5.000 – Rp10.000. Meski harga terjangkau soal rasa tak kalah dengan makanan restoran.

Disela-sela acara, Kak Iam dan Kak Icu sebagai host acara memberikan game dan kuis kepada para santri , tak hanya itu, berbagai penampilan dari santri seperti dance, hadroh, nasyid dan stand up komedi pun memeriahkan acara.

Acara yang awalnya dijadwalkan berlangsung hingga pukul 21.00 wib ini terpaksa disudahi pada pukul 17.00 wib, karena seluruh jajanan santri telah terjual ludes. Dipenghujung acara, ustaz Donni Putrawan, S.Pd.I, kepala sekolah SMP Daqu Lampung, menginformasikan nominal yang telah didapat dari 8 stand kuliner sebesar Rp9.900.000, suara takbir dan tepuk tangan mengiringi pengumuman tersebut. Seluruh hasil kegiatan tersebut rencananya akan didonasikan untuk kegiatan gerakan sedekah nasional (Gersena) 27 april 2019 mendatang.

 

Oleh : Ustadz Huda , Daqu Lampung

 

 

PesantrenDaQu

PesantrenDaQu