ArtikelPesantrenMengenal Turki Bersama Kak Najla di Pesantren Holiday

Selain belajar membaca dan menghafal Alquran, 71 peserta pesantren holiday juga mendapatkan materi motivasi dari sejumlah pembicara.
PesantrenDaQu PesantrenDaQu3 bulan ago369

Selain belajar membaca dan menghafal Alquran, 71 peserta pesantren holiday juga mendapatkan materi motivasi dari sejumlah pembicara. Satu pembicara yang memberikan motivasi dalam kegiatan ini adalah Najla Sayidah Tarmizi yang merupakan putri ustadz Tarmizi Ashidiq, Ketua Daarul Qur’an.

Perempuan berusia 14 tahun yang akrab dipanggil Kak Najla ini bercerita pengalaman dirinya masuk pesantren, menghafal Alquran hingga bisa menjejakkan kaki di Turki, yang lama ia impikan.

“Awalnya saya masuk pesantren karena adik saya duluan masuk dan saya kehilangan teman bermain di rumah. Begitu masuk ternyata kok asyik. Banyak teman dan saya mulai menghafal Alquran” ujar Najla memberikan motivasinya, Senin (27/5).

Seiring waktu Najla pun menikmati kehidupan di pondok. Meski hidup di asrama bukan berarti kehidupan di pesantren itu terkekang. Sebaliknya para asatidz selalu memotivasi para santri untuk memiliki dream setinggi-tingginya dan jangan lupa untuk mewujudkan mimpi tersebut dengan sejumlah ikhtiar.

“Kami punya kebiasaan menulis apa saja mimpi kami dalam sebuah buku. Waktu itu saya menulis besar ‘otw 30 juz’ dalam buku mimpi saya” Najla mengisahkan mimpinya.

Di pondok juga ia mengenal sosok Al-Fatih dan Turki. Al-Fatih dan Turki ia kenal dari sebuah komik yang mengisahkan perjuangan sosok pemuda penakluk konstantinopel tersebut.

“Sejak pertama membaca saya langsung suka ama Al-Fatih. Ia di usia 7 tahun sudah bisa menghafal Alquran dan dan pada usia 21 tahun berhasil menaklukkan konstatinopel, dimana pasukannya saat itu dibilang sebagai sebaik-baiknya pasukan” ujar Najla yang sekarang tengah menempuh pendidikan di pesantren Gontor putri.

Mengenal Al-Fatih maka Najla juga memiliki cita-cita untuk melihat langsung peninggalan bersejarahnya yang ada di Turki. Singkat cerita ia bisa mendaratkan kakinya setelah berhasil menyelesaikan tantangan dari orangtuanya bisa menyelesaikan hafalan 30 juz.

“Alhamdulillah di Turki saya bisa melihat istana Topkapi dan sejumlah peninggalan Al-Fatih lainnya” ujar Najla.

Dalam kesempatan tersebut Najla juga berpesan kepada para santri untuk selalu dekat dan akrab dengan Alquran. Banyak keberkahan yang bakal bisa didapat dengan seringnya berinteraksi dengan Alquran.

Pesantren Holiday merupakan acara tahunan yang digelar oleh pesantren tahfizh Daarul Qur’an untuk mengisi liburan panjang. Kegiatan ini diadakan untuk mengenalkan dunia pesantren. Sejumlah kegiatan seperti membaca, menghafal Alquran, memanah dan berkuda bisa diikuti oleh semua peserta.

PesantrenDaQu

PesantrenDaQu

daqu.sch.id

Gd. Adh-Dhuha Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an
Jl. Thamrin Ketapang, Kp. Ketapang Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten
021-2789 9696

PesantrenDaQu, 2019 © All Rights Reserved