id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Meneladani Akhlak Rasulullah

Bertempat di lapangan dan koridor sekolah, SD Fullday Daqu School, Ketapang, Tangerang, mengadakan peringatan acara Maulid Nabi pada Jumat, 22 November 2019.

Acara diawali dengan sholat duha di lapangan sekolah bersama para guru. Seperti hari-hari biasanya, sholat dhuha selalu dilaksanakan setiap pagi sebelum kegiatan sekolah dimulai.

 

Usai sholat dhuha berjamaah, anak-anak diajak untuk mengikuti rangkaian acara yaitu pembacaan Barzanji dan Shirah Nabawiyah dengan tema “Meneladani Akhlak Rasulullah” yang disampaikan ustadz Ruston, salah seorang guru SD Fullday.

Dalam paparannya, ustadz Ruston mengemukakan sebuah hadits, bahwasanya Rasulullah SAW pernah ditanya, “Perbuatan apakah yang paling banyak memasukkan manusia ke dalam surga ?” kemudian Rasulullah menjawab, “Bertakwalah kepada Allah dan berbudi pekerti yang baik.” (HR. Tirmidzi).

Ustadz Ruston menyampaikan kepada anak-anak bahwa akhlak adalah yang paling utama bagi semua manusia. “Jika akhlaknya tidak baik, tidak bersikap sopan kepada sesama teman dan guru, maka tidak akan ada orang yang mau berteman sama kita.”, ujar Ustadz Ruston pada kesempatan kali ini.

 

Mengingat runtuhnya akhlak anak-anak zaman sekarang, maka Ustadz Ruston menyarankan betapa baiknya anak-anak dilatih sejak kecil untuk membiasakan diri bersikap baik kepada sesama dan hormat kepada yang lebih tua, seperti orang tua dan guru-guru di sekolah. Satu hal yang dapat dilakukan demi menjaga akhlak generasi penerus bangsa ini adalah dengan membiasakan anak-anak untuk selalu mengerjakan segala perbuatan yang baik.

 

Begitu pula dengan menjadikan Rasulullah SAW sebagai teladan sejak dini. Dalam pemaparannya, Ustadz Ruston juga mengingatkan kepada anak-anak untuk bisa merasa bangga jika berbuat baik, karena berbuat baik itu bukan sebuah perbuatan yang cupu atau memalukan tapi justru perbuatan yang membanggakan, khususnya bagi orang tua masing-masing.