id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Menjadi Pribadi Cerdas Lewat Makanan Sehat dan Stop Bullying

Selain menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad saw, SD Fullday Daqu School, Ketapang, Tangerang, juga mengadakan peringatan acara healthy day. Acara ini digelar di Gedung Al-Fath Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, Ketapang, Tangerang, pada Jumat (22/11).

Ada dua materi seminar yang disiapkan untuk anak-anak. Seminar pertama yakni seminar pendidikan bertema “Stop bullying” oleh Juwita Ramadhani sebagai nara sumber dan seminar yang kedua yaitu seminar kesehatan bertema “Memilih makanan sehat” oleh ahli gizi bernama Yuvida Yuana, S.Gz.

Juwita Ramadhani menyampaikan berbagai macam jenis bullying yang sering terjadi di kalangan usia anak-anak, diantaranya penindasan fisik, penindasan verbal, tindakan pengucilan, penindasan dunia maya, dan penindasan seksual. Juwita mengajak anak-anak untuk berinteraksi bersama seputar materi bullying.

Antusiasme anak-anak terlihat dalam seminar ini, bahkan ada beberapa anak yang menceritakan kembali pengalamannya. Mulai dari mereka yang pernah dipanggil temannya dengan sebutan yang kurang baik hingga ledekan-ledekan yang menyakiti hati. Juwita juga memberikan pengarahan terkait tindakan apa yang harus dilakukan saat merasa sedang dibully oleh teman.

 

Kemudian pada sesi berikutnya, Yuvida Yuana menjelaskan berbagai macam makanan sehat. Tidak lupa pula Yuvida menjabarkan tentang bagaimana dampak apabila kita mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Yuvida memberi informasi kepada anak-anak bahwa memilih makanan yang sehat dan terjaga kebersihannya sangatlah penting.

Anak-anak merespon dengan berbagai macam pertanyaan unik ala anak kecil, seperti : “Kalau habis makan harus cuci tangan ya miss ?” Yuvida menjawab pertanyaan sambil tersenyum, kemudian Yuvida mempraktikkan kepada anak-anak bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Yuvida juga mengingatkan kepada anak-anak untuk selalu menggunakan sabun saat mencuci tangan. Juga menyikat gigi setiap setelah makan dan sebelum tidur malam. Acara seminar ini ditutup dengan makan bersama.