BeritaCikarangKegiatanPesantrenPeringatan Hari Guru Nasional: Pembina Ilmu, Menyempurnakan Akhlak.

Memperingati Hari Guru Nasional, Daarul Qur’an Putri Cikarang mengadakan peringatan hari guru nasional dengan tema “Pembina Ilmu, Menyempurnakan Akhlak” yang dilaksanakan di Aula Annisa, Senin (25/11).
PesantrenDaQu PesantrenDaQu1 minggu ago64

Memperingati Hari Guru Nasional, Daarul Qur’an Putri Cikarang mengadakan peringatan hari guru nasional dengan tema “Pembina Ilmu, Menyempurnakan Akhlak” yang dilaksanakan di Aula Annisa, Senin (25/11). Acara ini diikuti oleh seluruh santriwati juga para ustadz ustadzah. Setelah pembacaan tilawah, acara dibuka langsung oleh kepala sekolah SMP Daqu Cikarang, Ustadz Abdur Rahman.

Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa guru adalah orangtua kedua santri di pesantren yang harus dihormati dan dipatuhi, sama halnya dengan orangtua di rumah. Harapan seorang guru hanyalah ingin menjadikan muridnya seorang yang berilmu lagi memiliki akhlak yang baik. Tidak ada guru yang benci kepada muridnya, meski petuahnya tak didengar. Segala nasihat guru yang orang lain anggap amarah, tak lain adalah tanda sayang guru. Mengingatkan muridnya ketika salah agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

“Keridhaan Allah terletak pada keridhaan seorang guru. Jangan sampai seorang santri menyakiti hati guru. Karena jika guru tidak ridha maka Allah pun tidak ridha. Keridhaan guru itulah yang mendatangkan keberkahan ilmu. Maka ini menjadi bahan renungan para santri. Tak lupa doakan selalu para guru kita.”, ujar beliau.

“Ustadz Ustadzah yang kami hormati. Saya mewakili teman-teman mengucapkan terimakasih kepada Ustadz Ustadzah yang telah mengajari kami banyak hal. Yang telah menguatkan kami ketika kami sedang lemah. Yang selalu bersabar dengan kenakalan kami. Kami memohon maaf atas segala salah perbuatan kami.”, tutur Sekar Reksa, santri kelas 9 yang maju ke depan mewakili santriwati lainnya.

Para santri juga turut mencairkan suasana peringatan hari guru dengan memberikan berbagai penampilan. Dari mulai pembacaan puisi, paduan suara, hingga penampilan drama. Paduan suara menyanyikan tiga buah lagu berjudul “Guruku Tersayang, Hymne Guru, dan Terimakasih Guru” yang dibawakan tulus dari hati. Penampilan drama yang dipersembahkan berjudul “Guruku Pahlawanku”. Penonton merasa terhibur melihat penampilan drama yang penuh dengan penghayatan juga diselipi sedikit humor.

Ada suasana haru yang tercipta dalam berlangsungnya acara. Dalam layar infokus diputarkan video yang berisikan wajah para ustadz dan ustadzah di berbagai aktivitas. Juga berbagai ucapan selamat hari guru dari para santri. Selain itu, ketika perwakilan santri memberikan cinderamata kepada masing-masing Ustadz Ustadzah dan bersalaman dengan takzim. Tak lupa mengabadikan moment itu dalam tangkapan layar kamera.

Pada kesempatan peringatan ini pula, Daarul Qur’an Putri Cikarang mempersembahkan Khotmil Qur’an pada sore hari menjelang berbuka puasa. Khotmil Qur’an dibagi pada tiga tempat yang berbeda. Lalu bersatu menuju aula utama untuk membaca akhir juz 30 bersama-sama. Doa dalam khotmil Qur’an yang bertepatan dengan hari guru ini semoga semua pendidik di Daqu diberikan kesehatan, kekuatan, keberkahan rizki, dimudahkan segala urusan, panjang umur, menjadi teladan, lebih banyak memberikan manfaat, dan melahirkan santri-santri yang berakhlak mulia juga sukses serta selamat dunia akhirat. Aamiin.

PesantrenDaQu

PesantrenDaQu