id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Belajar Sambil Bermain di Kota Hujan

Field Trip adalah agenda rutin tahunan bagi santri kelas 7 Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Ketapang. Kali ini Kota Bogor menjadi tujuan. Museum Zoologi dan Museum Kepresidenan yang berada di wilayah Kebun Raya Bogor serta wahana permainan air The Jungle adalah destinasinya. Kegiatan tersebut dilaksanakan hari Rabu (29/1) dengan tajuk “Learning and Fun Activities by Field Trip”.

Santri kelas 7A sampai 7I telah bersiap berangkat dari kawasan perumahan Green Lake sejak pukul 6 pagi. Asatidz dan asatidzah yang mendampingi mengabsen untuk memastikan kehadiran para santri. Tepat pukul 7 rombongan berangkat menuju Bogor.

Hampir satu jam berjalan, bis rombongan menepi di rest area. Walau sedang dalam perjalanan, Sholat Dhuha yang menjadi habbit di pesantren tetap dilaksanakan. Setelahnya perjalanan kembali dilanjutkan.

Tak berselang lama rombongan sampai di tempat tujuan. Setelah mengantri tiket para santri bergegas menuju museum sesuai arahan pemandu acara Field Trip, Ustadz Febrian Badai Samudra.

Dalam museum mereka menyebar ke berbagai sudut bangunan. Kerangka dan bentuk fauna yang ada di Indonesia mereka pelajari. Mulai dari binatang darat seperti rusa, kijang, badak, macan, kepiting raksasa, hingga ular berbisa menjadi objek observasi. Tak ketinggalan pula hewan laut seperti ikan pedang, kura-kura, reptil, hingga yang terbesar adalah kerangka paus biru.

Perjalanan dilanjutkan. Karena satu dan lain hal berkunjung ke Museum Kepresidenan harus tertunda. Akhirnya rombongan menuju The Jungle.

Setelah cukup lama mengantri tiket, para santri mulai memasuki area The Jungle. Kolam ombak langsung diserbu mereka. Sebagian ada yang asik dengan pelampungnya di kolam arus. Tak lupa slider atau perosotan juga mereka rasakan. Mulai yang lurus namun curam hingga perosotan berkelok. Belum lengkap jika mereka tidak menyaksikan berbagai spesies burung yang ada di sana.

Cuaca Kota Bogor yang sulit diprediksi akhirnya menghentikan aktivitas para santri. Di tengah asyiknya menikmati wahana kolam ombak hujan dan petir turun dan menyambar. Alhasil informan The Jungle menginstruksikan untuk tidak bermain wahana air.

Meski begitu keceriaan tetap terpancar di wajah para santri. Setelah berganti pakaian dan melaksanakan Sholat Ashar mereka pun kembali ke pesantren.