id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Ratusan Siswa Ikuti Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) 2020 Tingkat Sekolah Dasar

SD Fullday Daqu School menjadi tuan rumah Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) yang sebelumnya dikenal dengan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat gugus IV. Pembukaan ajang dengan tema “Membangun Karakter Unggul Melalui Olahraga dan Pendidikan” ini dilaksanakan di lapangan futsal Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Ketapang, Rabu (5/2). KOSN tahun ini mempertandingkan 5 cabang olahraga, yakni atletik, catur, futsal, badminton, serta senam lantai yang digelar 1 hari penuh.

Pembukaan KOSN dihadiri oleh Kepala Biro Fullday Ustadz Lalan Solahuddin, Perwakilan Pengawas Gugus IV Drs. H. Sudirman, M.Pd, Kepala Sekolah SD Fullday Daqu School Mr. Zainal Arifin, serta segenap pembina dan guru olahraga dari masing-masing sekolah.

KOSN diselenggarakan atas dasar peraturan menteri pendidikan nasional nomor 34 tahun 2006 untuk pembinaan prestasi peserta didik yang memiliki kecerdasan dan bakat. Atlit-atlit yang menjadi juara 1 sampai 3 di setiap cabang olahraga akan mewakili wilayah gugus IV di ajang KOSN tingkat Kecamatan Cipondoh.

Sebanyak 250 siswa mewakili 13 sekolah di wilayah gugus 4 ikut serta dalam KOSN. Sekolah yang mengikuti kompetisi ini antara lain SDN Gondrong I, SDN Gondrong II, SDN Gondrong III, SDN Gondrong IV, SDN Gondrong VII, SDN Petir II, SDN Ketapang, serta sang tuan rumah, SD Fullday Daqu School Ketapang.

Ustadz Lalan Solahuddin dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh peserta untuk selalu menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran dalam berkompetisi. Perwakilan pengawas Gugus IV, Drs. H. Sudirman, M.Pd, menyampaikan hal serupa. Beliau menjelaskan bahwa menang dan kalah dalam sebuah pertandingan adalah hal biasa. “Kayak Mike Tyson dan Holyfield yang digigit kupingnya. Itu walaupun menang kalah tetap pelukan”, kisahnya mengenang salah satu pertandingan tinju paling bersejarah.

Panitia menyediakan 11 medali emas, 11 medali perak, dan 11 medali perunggu yang siap diperebutkan oleh para peserta. Usai pembukaan, seluruh peserta bertanding pada masing-masing cabang olahraga di tempat yang telah ditentukan panitia.