id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Semua Anak Bisa Jadi Pengusaha

Keriuhan sudah terlihat sejak pukul 6.30 pagi di SD Daarul Qur’an Ketapang. Siswa siswi mengenakan pakaian dari berbagai daerah. Tak hanya dari nusantara tapi juga beberapa negara di dunia. Di hadapannya sudah ada berbagai masakan yang siap disantap. Eits, tapi tunggu dulu, masakannya ga gratis. Masakan itu mereka jual dalam kegiatan Daqu Expo, Senin, 17 Februari 2020. Tenang, harganya ga akan bikin kantong jebol.

Daqu Expo dibagi 2 tema tenant. Kelas 1, 2, dan 3 yang tergabung dalam Lower Grade menjajakan masakan nusantara. Sebut saja Betawi dengan asinannya, Jawa Barat dengan cendolnya, Palembang dengan pempek kapal selamnya, Bali, Jawa Tengah, Belitung, dan lain-lain. Sementara kakak-kakaknya di kelas 4 dan 5 yang ada di Higher Grade menyajikan hidangan mancanegara. Misalnya Jepang dengan lezatnya sushi, Turki dengan Kebab yang mengenyangkan, sampai India dengan jajanan pasarnya yang khas.

Pembina Daarul Qur’an, KH Yusuf Mansur, turut hadir dalam acara ini didampingi sang istri, Hj Maemunah. Sebagai seorang pengusaha tentu kegiatan seperti ini sangat diapresiasi oleh beliau. Dengan tema “As an effort to grow, creative and innovative enterpreneur”, siswa siswi belajar bertransaski.

Selain berjualan, mereka juga mendemokan masakannya di atas panggung. Dengan adanya hadiah mereka jadi semakin bersemangat, tapi lebih semangat orangtua dan wali kelasnya sih karena pasti mereka yang sibuk masak he he. “Kebab berasal dari Turki. Daging kebab adalah daging sapi, kambing, maupun domba”, begitulah salah satu peserta mempresentasikan hidangannya. Selain itu, berbagai tarian daerah disuguhkan dengan menarik oleh mereka.

Ga cuma diam di tenant, siswa siswi rela menenteng keranjang untuk menjemput pembeli agar dagangannya laku. “Ayo ayo, borong, borong”, kata salah satu siswa menghampiri kerumunan orangtua. Bahkan mereka rela berjalan hingga ke gedung Adh-Dhuha yang berada di luar lingkungan sekolah. Hal itu sebagai pembelajaran bagi mereka dalam berbisnis. Seperti kata Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SD Daarul Qur’an, Ustadz Zainal Arifin. “Pada intinya kegiatan ini untuk menimbulkan jiwa enterpreneur”. Harapannya kelak mereka bisa jadi pengusaha sukses.

Yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Pengumuman pemenang dibacakan pembawa acara. Di Lower Grade, juara satu diraih kelas 1B dengan hidangan khas Palembang, pempek. Sementara di Higher Grade, titel ini direbut kelas 5B yang menyajikan hidangan khas negeri Menara Pisa. Sementara peringkat 2 di masing-masing grade diraih kelas 2A dengan masakan Jawa Tengah dan kelas 5A dengan hidangan Jepang. Di peringkat 3 kelas 2C merebutnya dengan masakan khas Sulawesi serta kelas 4B dengan masakan Indianya.

Seperti yang sudah diprediksi, pasti orangtua dan wali kelas ikutan heboh. Tapi itu justru semakin menyemarakkan gelaran ini. Setelah berfoto bersama, waktunya mengucapkan “sampai bertemu kembali di Daqu Expo 2021”.