id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Santri Pesantren Daqu Rebut Juara 1 dalam Lomba Poster Digital

Abiyyu Mufadhal, namanya. Santri asal Jambi yang saat ini tengah mengenyam pendidikan di kelas XI Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Ketapang ini baru saja meraih juara 1 dalam lomba poster digital pada Education Festival (EDUFEST) yang diadakan oleh Pesantren Terpadu Al-Kahfi Bogor.

EDUFEST yang berlangsung selama dua hari ini diselenggarakan pada Jumat-Sabtu, 21-22 Februari 2020 dengan mengangkat tema “Past Create Future”. EDUFEST ini pun menjadi ajang dalam perkembangan bakat dan kreatifitas bagi para generasi millenial masa kini yang berasal dari berbagai daerah se-jawa barat, Banten, dan DKI Jakarta.

Awalnya, Abiyyu, santri yang juga aktif dalam ekstrakurikuler Daqupost ini diselimuti rasa ragu untuk mengikuti lomba poster digital bertema “Then and Now” ini. Mengingat lomba ini sekaligus menjadi kali pertama Abiyyu membuat poster dalam bentuk digital. Berbagai persiapan pun terus dilakukan Abiyyu hingga menjelang hari berlangsungnya perlombaan.

Teknis lomba poster digital adalah dengan mengirimkan karya yang telah dibuat oleh peserta kepada panitia lomba, kemudian peserta yang karyanya terpilih sebagai finalis, diminta hadir di Pesantren Terpadu Al-Kahfi untuk mempresentasikan hasil haryanya.

Poster digital yang dibuat oleh Abiyyu menjadi salah satu dari beberapa poster terpilih, Abiyyu diminta hadir untuk mempresentasikan hasil karyanya di hadapan 13 sekolah lain yang juga terpilih menjadi finalis lomba poster digital ini.

“Sebelumnya saya pernah bikin poster, tapi itu pun cuma poster buat di asrama aja. Belum pernah bikin poster dalam bentuk digital gini, sih. Hehehe”, ujar Abiyyu.

Namun, siapa sangka pengalaman pertamanya ini sukses menyita perhatian para juri dan berhasil membawa pulang piala setelah dinobatkan sebagai juara 1 dalam lomba poster digital ini.

Abiyyu tidak menyangka bahwa karyanya yang akan terpilih oleh juri. “Alhamdulillah. Sebenarnya kaget banget, enggak nyangka bakal jadi juara 1 soalnya kan baru pertama kali.”, ujarnya dengan penuh kebahagiaan yang tidak terhingga.

Tidak hanya abiyyu yang menjadi juara dalam even ini. Aufa Ramadhani, santri yang juga tengah duduk di tingkat SMA Pesantren tahfizh Daarul Qur’an Ketapang yang menjadi peserta lomba kaligrafi dalam EDUFEST ini pun mendapatkan juara 3.

Kesempatan untuk mengikuti lomba ke luar pesantren ini menjadi kesempatan yang ditunggu-tunggu oleh para santri, karena kesempatan menjadi salah satu wadah untuk dapat memompa bakat dan kreatifitas santri menjadi lebih tinggi lagi, sekaligus menjadi motivasi bagi santri lainnya.