id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Inovasi Santri Daarul Qur’an Ungaran Lahirkan Medali Kompetisi se-Asia Tenggara

Kabar gembira datang dari Pesanten Tahfidz Daarul Qur’an Ungaran. Terlaksana pada tanggal 14-16 Febuari 2020 di BG Junction Mall Surabaya, Santri Daarul Quran atas nama Jibril Kumara, Kanzie Raihan, Farhan Andika, Nasrullah Ramadhani, dan Iqbal Maulana berhasil menyabet silver medal dalam acara Asean Innovative Sciene and Enterpreneur Fair (AISEF). Mereka berhasil memboyong medali lewat inovasi bertajuk “Biospray Ahong sebagai pembersih layar smartphone dan pembersih tangan anti bakteri”.

Biospray Ahong adalah sebuah produk spray/semprot yang diproduksi sebagai anti bakteri. Produk ini juga dapat digunakan sebagai pembersih layar smartphone dan handsanitizer.

Biospray Ahong lahir dari kesadaran Jibril, Kanzie, Farhan, dan Nasrullah akan gaya hidup yang tak terlepas dari smartphone. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan Universitas Lampung disebutkan bahwa kuman terbanyak pada bagian tubuh kita ada di tangan. Dengan menyemprotkan Biospray Ahong dapat mencegah pertumbuhan kuman di tangan khususnya setelah menggunakan smartphone. Pembuatan Biospray Ahong ini juga dalam rangka menyadarkan generasi muda akan bahaya bakteri yang ada di sekitar kita.

Biospray Ahong terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan dan tak banyak menggunakan bahan kima sehingga lebih aman. Selain itu, hanya membutuhkan waktu sehari untuk memproduksinya.

Prestasi yang diraih santri Daarul Qur’an Ungaran meski dengan kondisi yang tak menguntungkan ini menjadi motivasi bagi santri lainnya. “Sejujurnya kami juga tidak menyangka bisa meraih silver medal pada ajang AISEF dengan persiapan yang sangat minim”, ujar Jibril. “Semoga ini menjadi langkah awal yang baik untuk Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an dalam bidang inovasi”, harap Ustadz Syaifudin menimpali.

 

Oleh: Aldino. Daarul Qur’an Ungaran, Semarang.