id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Lima Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan Selama Berada di Rumah

Dalam menyikapi penyebaran virus corona khususnya di Indonesia, sejumlah sekolah mengikuti kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Kesehatan RI dengan menonaktifkan kegiatan para pelajar Indonesia selama dua pekan. Hal ini cukup membuat anak-anak merasa bosan, tentunya. Anak-anak yang biasa aktif dengan berbagai kegiatan di luar rumah, saat ini harus mengurangi aktivitas di luar rumah.

Berikut lima kegiatan menarik yang dapat mengusir rasa bosan selama berada dalam masa lock down;

  1. Tilawah Al-Qur’an

Mengisi hari-hari dengan membaca Al-Qur’an. Kegiatan ini tidak hanya sebatas mengisi kekosongan, namun juga bernilai kebaikan. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits;

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka dia akan mendapatkan satu kebaikan sedangkan satu kebaikan itu (bernilai) sepuluh kali lipatnya, aku tidak mengatakan ‘Alif Laam Miim’ sebagai satu huruf, akan tetapi ‘Alif’ sebagai satu huruf, ‘Laam’ sebagai satu huruf dan ‘miim’ sebagai satu huruf.”, HR. At-Tirmidzi.

  1. Muraja’ah hafalan

Muraja’ah atau mengulang hafalan Al-Qur’an. Kegiatan ini bisa dilakukan sendirian atau dengan bantuan anggota keluarga di rumah. Saling menyimak dalam mengulang hafalan lebih efektif dilakukan. Mengapa demikian ? Sebab saat ditemukan kekeliruan, dapat diperbaiki. Sebagaimana firman Allah dalam surat Q.S. al-A’raf ayat 204;

“Apabila dibacakan Al-Qur’an, perhatikanlah dan diamlah, maka kalian akan mendapatkan rahmat.”

  1. Membantu orangtua

Q.S. Luqman ayat 14 yang artinya;

“Dan Kami memerintah kepada manusia untuk berbakti kepada orangtua, ibu yang telah mengandung dalam keadaan lemah dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kalian kepada-Ku dan kepada orangtua. Hanya kepada-Ku lah kamu kembali.”

Kegiatan ini dapat mengisi hari-hari selama berada di rumah, membantu orangtua dalam menyelesaikan pekerjaannya seperti mencuci piring, mencuci baju, menyapu dan mengepel lantai rumah, merapikan seisi rumah, dan lain sebagainya.

  1. Melakukan hobi

Sebagian dari kita lebih memilih melakukan suatu yang disukai untuk mengisi waktu kosong. Menghindari kebosanan dengan melakukan hobi adalah salah satu kegiatan yang menjadi pilihan utama bagi setiap orang. Seperti melukis, menggambar, menulis, membaca, bermain musik, dan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya.

  1. Belajar via platform online

Tidak sedikit media pembelajaran untuk anak-anak mulai usia taman kanak-kanak hingga usia perguruan tinggi yang menyediakan bahan pembelajaran via online, bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Keberadaan teknologi di tengah masyarakat saat ini sangat memberi dampak positif dan membantu semua kalangan untuk dapat melakukan berbagai macam kegiatan dari rumah. Diantaranya YouTube, e-library, juga google, yang didalamnya meliputi google books, google scholar, serta berbagai platform lainnya.