kelasbelajaronline.comLibur, Para Santri Tetap Belajar Lewat kelasbelajaronline.com

Platform kelasbelajaronline.com ini dapat diakses oleh semua pelajar Daarul Qur'an dari seluruh cabang yang tersebar di berbagai daerah.
PesantrenDaQu PesantrenDaQu5 hari ago952

“Platform ini sudah kami siapkan sejak dua bulan yang lalu.”, ujar Ustadz Muchlis, M.Kom selaku kepala IT Center Daarul Qur’an yang dijumpai pada sebuah pertemuan yang berlangsung di Gedung Al-Fath Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Ketapang dalam rangka menggandeng para pengajar mulai dari jenjang pendidikan usia TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi di Daarul Qur’an untuk sama-sama mengoptimalkan pembelajaran kelas online, Selasa (17/3).

“Jadi, ketika benar-benar dibutuhkan seperti saat ini, kita hanya tinggal mengoptimalkan penggunaannya saja.”, lanjut Ustadz Muchlis.

Platform kelasbelajaronline.com ini tidak hanya diperuntukkan bagi pelajar Daarul Qur’an pusat saja, namun juga bagi semua pelajar Daarul Qur’an dari berbagai cabang yang tersebar di berbagai daerah, seperti Lampung, Malang, Banyuwangi, Ungaran, Cikereteg, dan lain-lain.

Ustadz Muchlis mengemukakan, para guru bisa mengupload dokumen terkait pemaparan materi yang ingin disampaikan kepada para pelajar melalui platform ini, baik berupa tulisan maupun video. Dan nantinya, di akhir kelas belajar online ini, guru-guru bisa menyiapkan soal-soal pengulasan materi dari sejumlah materi yang telah disampaikan sejauh ini.

Hadir pula dalam pertemuan ini, Ustadz Rizki Aminullah, S.Si, M.M.Pd selaku kepala Biro Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Daarul Qur’an menyampaikan bahwa salah satu materi yang dimuat dalam kelas belajar online ini adalah bagaimana membuat karya tulis yang baik dan benar.

Dalam penulisan karya tulis ini disajikan berbagai tema dengan menyesuaikan pengelompokan jenjang pendidikan masing-masing pelajar, dengan kata lain tema yang disajikan untuk pelajar tingkat SMP tidak serupa dengan tema yang disajikan untuk pelajar tingkat SMA.

“Kita tetap sangat memperhatikan tingkat kemampuan anak, sehingga kita memberikan materi kepada anak sesuai dengan apa yang semestinya diterima oleh mereka.”, ujar Ustadz Rizki dengan penuh semangat. “Kita sampaikan melalui platform ini, materi-materi yang seharusnya disampaikan di ruang kelas. Sehingga mereka tidak ketinggalan pelajaran.”

Tidak hanya itu, Ustadz Rizki juga telah siapkan daily activity untuk diberlakukan oleh para santri selama berada di rumah. Rangkaian kegiatan sehari-hari ini menjadi acuan bagi para wali santri dalam mengontrol kegiatan anak-anak.

Semoga ikhtiar belajar melalui kelasbelajaronline.com ini menjadi washilah dalam mencegah penyebaran dan penularan virus corona di kalangan masyarakat Indonesia. Aamiin..

PesantrenDaQu

PesantrenDaQu

Related Posts

{{ image }}

{{ title }}

{{ date }} {{ comments }}
{{ viewcount }}
{{ author }}
{{ image }}

{{ title }}

{{ date }} {{ comments }}
{{ viewcount }}
{{ author }}
{{ image }}

{{ title }}

{{ date }} {{ comments }}
{{ viewcount }}
{{ author }}