id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Sepuluh Tips Cegah Covid-19

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan sebagai usaha pencegahan Covid-19;

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Cara yang pertama ini tidak memakan waktu lama, cukup dengan 20 menit saja. Jika salah satu dari anda kehabisan sabun untuk cuci tangan, tidak perlu khawatir, anda dapat menggunakan sabun lainnya yang biasa digunakan dalam keseharian. Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol 60%.

  1. Jangan menyentuh bagian wajah

Hindari bagian wajah yang berpotensi besar dalam penularan Covid-19 ini, antara lain; mata, hidung, serta mulut.

  1. Perhatikan etika saat batuk dan bersin

Biasakan menutup mulut saat batuk dan bersin dengan tissue, kemudian buanglah tissue tersebut pada tempat sampah. Bagi anda yang merasa sedang sakit, bisa menggunakan masker guna menjaga orang sekitar yang sehat, sehingga tidak mudah tertular.

  1. Segera bersihkan diri setelah beraktivitas di luar rumah

Mandi dan ganti baju sesegera mungkin setiba di rumah setelah berinteraksi dengan keramaian dan usahakan menjaga jarak dengan keluarga di rumah sebelum membersihkan diri.

  1. Hindari kebiasaan menyentuh fasilitas umum

Segera mencuci tangan saat menerima kiriman paket dari luar. Dan usahakan untuk tidak menyentuh fasilitas umum saat harus berada di luar rumah. Seperti; pegangan eskalator, tombol lift, tempat duduk di halte dan stasiun, meja dan kursi di restaurant, serta berbagai fasilitas umum lainnya.

  1. Terapkan social distancing untuk saat ini

Usahakan menjaga jarak dengan sesama manusia minimal 1 meter saat berinteraksi. Juga menjaga jarak dengan hewan peliharaan, bagi yang memilikinya.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat

Memperbanyak asupan gizi dan vitamin dari buah-buahan serta sayuran, khususnya yang memiliki vitamin C dan E lebih banyak.

  1. Perbanyak minum air putih

Kurangi minum minuman berwarna dengan perbanyak minum air putih minimal 1,5 liter setiap harinya, jaga pola tidur yang cukup, dan lakukan olahraga ringan di rumah.

  1. #dirumahaja

Usahakan untuk tetap tinggal di rumah guna memutus rantai penularan Covid-19 di dunia ini, dan hindari merokok.

  1. Perbanyak beribadah

Berdoโ€™a, bershalawat, berdzikir, dan melakukan amalan-amalan yang Allah senangi seperti membaca Al-Qurโ€™an dan menjalankan sunnah Rasulullah, akan menjadi jalan untuk kita dapat semakin dekat dengan Allah. Ingat, Allah tidak akan memberikan suatu ujian diluar kemampuan hamba-Nya.

Semoga pandemi ini segera berakhir dan keadaan dunia kembali sebagaimana mestinya. Aamiin Allahumma Aamiin…

 

Oleh : Fazra Danish Ara, Santri Iโ€™daad Kibar Putri Cikereteg.

Foto: newyorktimes.com (cover), katadata.com, beritasatu.com