id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Saat Ajaran Islam Ikut Memerangi Efek Corona di Pakistan

Pemandangan luar biasa berlangsung selama dua pekan terakhir di luar toko kelontong di Karachi, Pakistan. Alih-alih bergegas pulang setelah berbelanja untuk menghindari terkena virus corona, banyak warga Pakistan yang berhenti di luar untuk menawarkan makanan, uang, atau bantuan lainnya kepada mereka yang tidak punya tempat tinggal di jalan-jalan di Pakistan. Pemberian ini sering disertai dengan permintaan kepada penerima: “Berdoalah agar coronavirus segera berakhir.”

Seperti banyak negara, Pakistan telah memberlakukan tindakan pencegahan yang ketat dalam menanggapi pandemi global covid-19, termasuk menutup sekolah, melarang pertemuan publik, dan menutup semua bisnis yang tidak menjual bahan makanan atau obat-obatan. Tetapi tidak seperti beberapa negara lain yang telah memerintahkan tindakan serupa, efek dari penutupan yang berkepanjangan di sini dapat memiliki konsekuensi ekonomi yang jauh lebih mengerikan dan berpotensi fatal.

Dalam pidato terbuka, Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, menyatakan bahwa “25% orang Pakistan tidak mampu makan dua kali sehari.” Karena negara mengeluarkan langkah-langkah pembatasan yang lebih ketat dan memaksa orang untuk tinggal di rumah. Kondisi ini menyebabkan banyak pekerja harian, mulai dari pedagang kaki lima hingga tukang semir sepatu, belum mendapatkan rupee dalam beberapa minggu, dan mereka akan kelaparan.

Dalam pidato yang disiarkan di televisi yang sama, Khan menyimpulkan kenyataan pahit Pakistan: “Jika kita mematikan kota-kota, kita menyelamatkan mereka dari virus korona di satu sisi, tetapi mereka akan mati karena kelaparan di sisi lain. Pakistan tidak memiliki sumber daya sebagaimana Amerika Serikat atau Eropa.”

Di tengah pandemi, rakyat Pakistan terikat bersama untuk membantu mereka yang kurang beruntung dengan cara yang unik dan inspiratif. Secara khusus, banyak yang menawarkan zakat, untuk penerima upah harian yang tidak memiliki cuti, asuransi kesehatan atau jaring pengaman keuangan.

Dalam bahasa Arab, “zakat” diterjemahkan menjadi “menyucikan”, dan menurut Rukun Islam, zakat adalah salah satu tugas keagamaan yang paling penting bagi umat Islam. Pemberian zakat dihitung 2,5% dari kelebihan kekayaan tahunan seseorang. Ada parameter ketat yang menguraikan nisab atau ambang batas, di mana Muslim menjadi bertanggung jawab atas zakat, serta siapa yang berhak menerimanya. Berasal dari kepercayaan bahwa dunia ini bersifat sementara dan semua dianugerahkan dari kebajikan Sang Pencipta, zakat menjunjung tinggi gagasan bahwa ada harta sebagian mereka yang tidak beruntung yang dimiliki mereka yang berkecukupan.

Sementara ini, banyak di seluruh dunia berfokus pada kebersihan fisik selama wabah virus korona, Dr Imtiaz Ahmed Khan, seorang ahli biologi molekuler di Universitas Hamdard di Karachi menyamakan zakat dengan pembersihan spiritual, mengutip ungkapan Pakistan yang populer, “Paisa haath ki meil hai”, yang berarti; uang seperti kotoran di tangan seseorang.

“Zakat menghilangkan kotoran dari kekayaan”, tambah Dr Khan. “Saya bertanggung jawab jika ada tetangga saya yang tidur dalam keadaan lapar. Bagaimana saya bisa memiliki dapur yang banyak menimbun, sementara salah satu tetangga saya membutuhkannya ?”

Semangat kemurahan hati tertanam kuat dalam DNA warga Pakistan. Faktanya, di seluruh 47 negara mayoritas Muslim di dunia, kontribusi zakat biasanya bersifat sukarela, tetapi Pakistan adalah satu dari hanya enam negara di mana ia diamanatkan dan dikumpulkan oleh pemerintah. Lebih jauh, menurut Rizwan Hussain, penulis The Oxford Encyclopedia of the Islamic World, “Pakistan adalah satu-satunya negara yang didirikan atas nama Islam” dan spiritualitas yang taat ini tercermin dalam hukumnya.

Menurut sebuah laporan oleh Stanford Social Innovation Review, Pakistan menyumbang lebih dari 1% dari PDB untuk amal, menempatkannya di antara “negara-negara yang jauh lebih kaya seperti Inggris (1,3%) dan Kanada (1,2%) dan sekitar dua kali lipat yang diberikan India relatif terhadap PDB.” Dan sebuah studi nasional menemukan bahwa 98% orang Pakistan memberi untuk amal atau menyumbangkan waktu mereka, angka yang jauh melebihi jumlah orang yang secara hukum wajib menawarkan zakat.

“Sebagai bangsa, kita mungkin tidak memiliki banyak, tetapi kita memiliki hati yang besar,” kata M. Sohail Khan, seorang warga Pakistan yang tinggal di Loughborough, Inggris. “Kunjungi desa mana saja dan mereka akan membuka rumah mereka untukmu; mengutamakan orang lain adalah budaya kita. Kami telah melihat penderitaan. Kami memiliki empati dan kasih sayang. Kita bahkan mungkin memiliki terlalu banyak, bagi kami Social Distancing tidak sama dengan meninggalkan tetangga Anda.”

Ketika virus korona menyebar, banyak orang Pakistan telah memberikan jauh lebih banyak dari 2.5% zakat yang disyaratkan, sementara yang lain yang tidak berpenghasilan cukup untuk memenuhi syarat untuk zakat menawarkan sebanyak mungkin amal dan sejauh ini, sumbangan ini sedang dikerahkan dengan cepat.

Banyak donasi digunakan untuk membuat paket raashan (ransum) bulanan yang menyediakan bahan pokok bagi pekerja harian seperti lentil (kacang-kacangan), ghee (mentega), tepung, minyak, gula dan teh. Sementara itu semua biasanya didistribusikan selama bulan Ramadhan, namun sekarang dibagikan kepada para pekerja upahan harian yang terkena dampak ekonomi dari pandemi ini. Bantuan ini juga ditambah dengan sabun anti-bakteri.

Faisal Bukhari telah mengirimkan paket-paket raashan ke daerah-daerah miskin di mana penerima upah harian membutuhkan pertolongan segera. “Ada banyak sekali donasi minggu ini”, katanya. “Saya mendapatkan sekitar 20 hingga 25 pesanan sehari. Terkadang, saya mendapat lebih banyak.”

Yang lain mengorganisir upaya serupa. “Dalam beberapa hari terakhir saja, kami telah melihat banyak kelompok mendukung pekerja upah harian dan paket raashan”, kata Ahmad Sajjad, yang mengajar di Institut Administrasi Bisnis Karachi. “Ini mengingatkan saya pada gempa 2005 ketika orang-orang Pakistan berkumpul untuk menawarkan amal. Kali ini, selama lockdown, alih-alih kamp (tenda) bantuan di jalan, penduduk memanfaatkan platform media sosial untuk mengumpulkan dana dan memberikan bantuan. ”

Sabiha Akhlaq, yang mengelola SSARA Foundation, sebuah organisasi amal internasional, menggarisbawahi gentingnya situasi Pakistan saat ini: “Sangat buruk di sana. Seorang lelaki mulai menangis (ketika kami pergi untuk mengantarkan raashan), karena keluarganya yang terdiri atas empat orang tidak memiliki makanan sedikit pun selama 29 jam.”

Di seluruh Pakistan, permohonan untuk sumbangan banyak beredar di WhatsApp dan media sosial. Perempuan memainkan peran penting dengan menawarkan rumah mereka sebagai tempat pengumpulan bahan-bahan pokok, seperti tepung, minyak, dan lentil. Banyak yang mulai mengedarkan nomor telepon pribadi mereka untuk memobilisasi lebih banyak sumbangan, hal ini merupakan praktik yang jarang terjadi di Pakistan sebelum pandemi.

Organisasi-organisasi sukarelawan seperti Robin Hood Army telah sibuk membagikan kelebihan makanan dari restoran dan paket raashan kepada mereka yang membutuhkan. Dan kelompok-kelompok seperti Edhi Foundation dan Saylani Welfare Trust memiliki saluran bantuan dan nomor WhatsApp yang dapat dikirimi orang untuk memberi tahu mereka tentang keluarga yang membutuhkan makanan.

Menariknya, upaya awal ini tampaknya berhasil. Saubia Shahid, seorang guru di Karachi, mengatakan dia baru-baru ini mencoba menyumbangkan makanan dan diberitahu oleh Pasukan Robin Hood untuk mencoba lagi dalam beberapa minggu. “Mengingat kemurahan hati orang Karachi yang luar biasa, mereka meminta saya untuk menghubungi mereka lagi pada bulan April atau Mei. Sampai saat itu, mereka mengatakan mereka disortir.”

Menurut survei pemerintah baru-baru ini, bank-bank Pakistan mengumpulkan Rs 7.377.678.000 (£ 36,8 juta) dalam zakat dari populasi pada 2018-2019. Tetapi karena banyak zakat yang diberikan oleh Pakistan langsung kepada mereka yang membutuhkan dan karenanya tidak didokumentasikan, angka sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi.

Ini adalah kasus saat ini, karena banyak rumah tangga masih membayar gaji asisten rumah tangga, meskipun tidak memanggil mereka untuk bekerja untuk mengurangi potensi penyebaran virus. Beberapa institusi yang memiliki penghematan biaya overhead yang tidak terduga selama penutupan telah memberikan uang kepada penduduk yang membutuhkan.

“Pakistan, sebagai salah satu negara yang paling dermawan, memiliki konsep individualisme dan kapitalisme yang agak terdilusi,” jelas Imran Baloch, seorang bankir korporat dari Pakistan. “Orang-orang yang cukup beruntung untuk menjadi bagian dari ‘kaya’ secara sadar melakukan upaya untuk meringankan beban ‘si miskin’ karena mereka menganggap itu tugas mereka, sebuah konsep yang berdering terutama benar dalam kondisi krisis, seperti pada pandemi Covid-19 ini. ”

Sudah menjadi kebiasaan bagi umat Islam untuk menawarkan zakat terutama selama Ramadhan (yang pada tahun ini akan dimulai pada 23 April), karena berkah spiritual dikatakan berlipat ganda di bulan suci ini. Selama siaran nasional baru-baru ini di Pakistan tentang pandemi Covid-19, Dr. Qibla Ayaz, ketua Dewan Ideologi Islam, mengesahkan tawaran zakat ‘awal’ untuk meringankan penderitaan akibat virus korona sebagai inisiatif mulia.

Di satu sisi, waktu pandemi untuk menyusup ke Pakistan tidak mungkin lebih baik. Dalam dua bulan sebelum Ramadhan, dalam kondisi non-Covid, merupakan kebiasaan bagi orang miskin untuk mengetuk pintu dan meminta zakat. Banyak keluarga kurang mampu menjadwalkan pernikahan atau acara penting sekitar waktu ini, dengan harapan bantuan keuangan. Namun kali ini mereka berharap sekarang juga dan Pakistan tidak gagal untuk memberikan.

Sundus Rasheed, pembawa acara di sebuah stasiun radio Karachi, mengatakan tentang tanggapan kota tersebut terhadap pandemi, “Orang-orang Karachi melakukan banyak pemberian pribadi, jauh melampaui zakat. Saya pribadi tidak memiliki tabungan, yang merupakan bagian dari batas zakat, tetapi sebelum korona menjadi sedikit lebih buruk, kami membagikan paket kebersihan. Saya tinggal di dekat pelabuhan di mana ada banyak penerima upah harian. Kami membagikan 400 paket, hanya melalui orang yang kami kenal. Sekarang, itu sampai pada titik di mana itu bukan hanya tindakan kebersihan pre-emptive, tetapi masalah rezeki.”

Dalam arti tertentu, orang Pakistan memandang kekuatan zakat dan amal keagamaan sebagai kekuatan kosmik, dan dalam menghadapi pandemi, kekuatan ini sedang ditingkatkan dengan harapan bahwa krisis akan berakhir.

Orang Pakistan percaya bahwa satu perbuatan baik menghasilkan yang lain, dan mungkin kemurahan hati kami akan menyebar lebih cepat daripada virus. Berbekal keyakinan yang teguh bahwa umat manusia pada umumnya akan mendapat manfaat, kami berusaha sebaik mungkin untuk memberikan bantalan bagi mereka yang membutuhkan bantuan dan berharap bagi mereka yang membutuhkan harapan.

Kini, kita semua bersaudara.

Diterjemahkan dari artikel berjudul “The Law of Generosity combatting coronavorus in Pakistan” yang ditayangkan oleh bbc.com

Sumber foto : gettyimage.com