id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Pesantren Daqu Resmi Jalin Kerjasama dengan Kemenhub

Menindaklanjuti kedatangan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lewat tim Balai Besar Pendidikan, Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) ke Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, Rabu (10/6/2020) lalu, kedua pihak resmi jalin kerjasama yang melibatkan para santri. Kerjasama ini telah disetujui Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, lewat tanda tangan yang ia bubuhkan dalam nota kesepahaman. Dengan kerja sama ini, 40 santri yang terpilih dapat mengikuti program pendidikan dan pelatihan di pusdiklat Kemenhub.

Kerjasama ini jadi peluang para santri untuk melanjutkan pendidikan di ranah Kementerian Perhubungan. Seperti kata Pendiri Daarul Qur’an Ustadz Yusuf Mansur, saat ditemui setelah Sholat Jum’at di Pesantren Daarul Qur’an Ketapang, Jum’at (3/7/2020).

“Makasih pak menteri dan jajarannya. Santri-santri harus semangat, ini resmi nih, karena udah bisa ikut pendidikan dan pelatihan dan berkarir betul di dunia perhubungan. Sekali lagi baik darat, laut maupun udara.” tutur Ustadz Yusuf.

Dalam pertemuan sebelumnya, Kepala Bidang Usaha BP3IP, Joko Susanto, menjelaskan, tawaran kerjasama ini adalah instruksi langsung Presiden lewat Menteri Perhubungan untuk memberdayakan sumber daya manusia yang ada di pesantren. Kerjasama ini juga tak terbatas dalam bidang pelayaran atau kelautan saja, namun bisa dialihkan ke bagian dari Kemenhub yang lain.