id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Semarak Kemerdekaan RI DI Pesantren Daqu Lampung

Peringatan hari kemerdekaan RI yang syarat makna, meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19 yang belum berkesudahan, tidak menyurutkan semangat santri Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Lampung untuk merayakannya. Senin pagi, 17 Agustus 2020, seluruh santri berkumpul di lapangan hijau pesantren untuk mengikuti upacara Kemerdekaan RI. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka sudah siap dengan gagahnya untuk mengibarkan sang merah putih. Begitu juga dengan para petugas: instruktur upacara, conducter koor, pembaca Ayat Suci Al-Qur’an, serta pembaca teks UUD dan Proklamasi.

Ada yang berbeda dari Peringatan Kemerdekaan RI Tahun ini. Setelah upacara bendera dilanjutkan pembukaan tahun ajaran baru 2020/2021 dengan momen Khutbatul Iftitah. Berbagai atraksi santri ditampilkan, diantaranya hadroh, puisi kemerdekaan untuk negeri, tari malulo, taekwondo, persada, persida, dan pertunjukkan olahraga lain.

Keceriaan makin terasa dengan perlombaan 17 Agustus untuk para santri yang dilaksanakan hingga tanggal 19 Agustus 2020 nanti sekaligus ditutup dengan pembagian hadiah. Ada 8 cabang perlombaan yang dipertandingkan, yaitu lomba Funtastic Four, Balap Karung, Perang Guling dan Estapet Karet di hari pertama. Sementara di hari ke dua para SDI DaaruL Qur’an juga turut memeriahkan berbagai lomba, antara lain Blank Make Over untuk putri dan Futsal untuk putra.

Seluruh kegiatan penuh sorak tawa gembira. Antusias para penonton tak kalah seru saat bertepuk tangan dengan gemuruh memberikan applause terbaik untuk santri yang menampilkan pertunjukan. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, perlombaan ini diharapkan berjalan sportif dan tetap tertib dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada seperti menjaga jarak pada saat menonton serta peraturan lain yang disesuaikan. Rasa syukur tertanam dengan menjunjung semangat kemerdekaan dan nilai-nilai kebangsaan yang berakhlak Qur’an.