id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Komandan Bambang: “Libatkan Allah, Maka Santri Bisa Jadi Apapun”

Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an selalu kedatangan tamu-tamu spesial. Hal ini sekaligus jadi motivasi bagi para santri. Hari ini, Jum’at (28/8/2020) para santri kembali dikunjungi salah satu sosok spesial, khususnya di Wilayah Tangerang. Beliau adalah Kolonel Inf Bambang Hery Tugiyono, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0506 Tangerang.

Komandan yang baru dilantik tanggal 7 Juli 2020 menggantikan Dandim sebelumnya, Kolonel Inf Wisnu Kurniawan, juga mengikuti sholat Jum’at berjama’ah di Madsjid An-Nabawi, Pesantren Daqu Tangerang. Beliau disambut langsung oleh pendiri Daarul Qur’an, Ustadz Yusuf Mansur.

Motivasi diberikan UYM, sapaan akrab Ustadz Yusuf Mansur, selepas Jum’atan. Sebagai salah satu petinggi TNI, beliau menjadikan Komandan Bambang, panggilan Kolonel Inf Bambang Hery Tugiyono, sebagai contoh bagi para santri untuk mengejar cita-citanya.

UYM juga bercerita tentang salah satu tamunya yang sekarang menjadi pengusaha ikan hias Arwana di Indonesia. Padahal, tamunya itu bahkan tidak lulus SD.

“Kuncinya satu, dimanapun, terima dan pelajari. Kamu susah? Pelajari tuh susah. Kamu sedih? Pelajari tuh sedih. Ke depan itu akan jadi ilmu. Kalau kalah? Kamu ga akan jadi jagoan. Maka kesusahan dan kesedihan itu akan mengejar. Pelajari, di mana kelemahan kesusahan dan kesedihan itu. Maka kamu akan jadi penakluk keduanya”, pesan UYM.

Hal itu pun jadi pelajaran yang diambil oleh Komandan Bambang. Sebagai motivasi para santri, beliau juga memberi petuah bahwa semua santri bisa jadi apa saja asalkan mereka mau dan melibatkan Allah SWT. “Kalau anggota saya bilang ‘siap komandan, tidak bisa’, saya bilang, ‘bukan gak bisa, karena kamunya malas”, tuturnya untuk membangkitkan semangat para santri.

Kedatangan Komandan Bambang di Pesantren Daqu berakhir dengan perbincangan hangat di area Pohon Jamblang bersama Pimpinan Direktorat Pendidikan Daarul Qur’an, KH Ahmad Jamil, yang ikut menemani.