id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Syahdunya Apel Perayaan Hari Santri Nasional di Pesantren Daqu

Hari Santri Nasional yang jatuh di tanggal 22 Oktober jadi momen spesial, khususnya bagi ekosistem pesantren. Tak terkecuali di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an. 

Seperti biasa, hari santri dirayakan dengan apel yang dilaksanakan di lapangan futsal dan basket Pesantren Daqu Tangerang, hari Kamis, tepat di tanggal jatuhnya salah satu hari besar umat muslim di Indonesia ini. Seluruh santri yang ada di pondok berbaris berhadapan dengan para asatidz dan asatidzah.

Amanat apel langsung disampaikn oleh sang pengasuh pesantren, Kyai Syaiful Bahri. Kabar duka dipanggilnya Pimpinan Pondok Modern Gontor Ponorogo, KH Abdullah Syukri Zarkasyi, oleh Allah SWT yang disampaikan Kyai Syaiful sempat membuat suasana berduka. Haturan doa pun dipanjatkan agar Kyai Syukri menghadap Allah SWT dalam keadaan husnul khatimah.

Selanjutnya Kyai Syaiful kembali berapi-api. Beliau mengingatkan pada seluruh peserta apel bahwa kemerdekaan Indonesiapun tak lepas dari peran para santri. 

Beliau juga berpesan untuk tidak malas atau bahkan berhenti menuntut ilmu. Kisah Ibnu Sina yang membaca 40 kali buku Aristoteles diceritakannya sebagai penyemangat. Bahkan, keterbatasanpun bukan halangan. Seperti ulama Zakariya Al-Ansori yang ekonominya terbatas tapi masih gigih mencari kemuliaan ilmu.

Yang terpenting, kata Kyai Syaiful, santri harus punya akhlak yang mulia. “Yang semula biasa iseng mengambil barang temannya, ngantukan di kelas, buang semuanya. Ayok jadikan momen hari santri untuk berubah menjadi lebih baik,” tuturnya.

Apel itu sekaligus jadi seremoni serah terima piala juara umum Pramuka Daqu pada kompetisi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta serta juara 1 puisi se-Banten kepada pengasuh pesantren. Di akhir apel, cerahnya berbagai warna balon diterbangkan. Mars Daqu dan hari santri nasionalpun bergema ke seantero pesantren. Harapannya para santri terus dalam kondisi yang sehat di tengah pandemi sehingga negara Indonesia tercinta akan semakin kuat.

Momen hari santri nasional di Pesantren Daqu makin spesial karena bertepatan dengan gelaran Wisuda Tahfizh Nasional 2020. Perayaan ini juga digelar di seluruh cabang pesantren daqu.