id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

We Are Not Superman But We Are Superteam (DAQU Camp 2020)

Hampir genap 4 bulan Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Cikarang melangsungkan New Normal yang diawali sejak bulan Juli lalu. Meski begitu para santri tetap melakukan kegiatan seperti biasanya. Kegiatan belajar mengajar sekolah, tahfizh dan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler tetap berjalan dengan tidak melupakan protokol kesehatan. 

Satu kegiatan tahunan yang tetap dilakukan ialah Daqu Camp. Daqu Camp adalah kegiatan wajib tahunan yang di selenggarakan oleh Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an yang diikuti oleh santriwati kls XI SMA. Daqu Camp sendiri ialah suatu wadah untuk menempa dan mengasah mental kepemimpinan, serta mengembangkan kreatifitas andika dengan berdasarkan trisatya dan dasadarma juga pengetahuan Islam. Daqu Camp tahun ini diselenggarakan cukup berbeda dari agenda tahunan sebelumnya karna adanya keadaan New Normal akibat virus Covid -19 ini mengaharuskan kegiatan diselenggarakan di dalam pesantren dan menyesuaikan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Andika yang mengikuti kegiatan ini adalah santriwati yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Dengan keanekaragaman sifat yang mereka miliki, perlu adanya wadah untuk mempersatukannya. Daqu Camp hadir untuk tujuan tersebut. Selama 3 hari, 3 November – 5 November 2020, para santri diajak dalam sejumlah kegiatan Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini yakni dari tanggal 03 November sampai dengan 05 November 2020 berisikan berbagai macam kegiatan untuk mengasah mental survival dalam kehidupannya. Selain itu, mereka juga dilatih untuk menjadi orang yang berwawasan luas dengan cara mengadakan kegiatan seni dan teknologi yang ada di acara Daqu Camp ini. 

Namun, yang paling utama dalam kegiatan ini adalah membangun rasa gotong royong terhadap sesama. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sifat egoisme dalam diri mereka. Dengan hal tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan sifat kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam keorganisasian sebagaimana motto Daqu Camp tahun ini yakni  WE ARE NOT SUPERMAN BUT WE ARE SUPERTEAM.

Motto ini berlandaskan bahwa tidak ada orang yang sempurna seperti superman dan ia tidak mampu sukses mewujudkan visi misi kehidupan jika tidak adanya campur tangan orang lain. Maka membentuk team yang mampu berkerjasama mewudkun mimpi dan cita-cita, serta bagaimana menjadi pemimpin yang mampu mengayomi serta bertanggung jawab terhadap apa yang telah di amanahkannya.

“Seneng banget bisa jadi panitia Daqu Camp 2020, walaupun acara ini sempat tertunda tapi kami tidak patah semangat menuntaskan kewajiban kami untuk mempersiapkan kegiatan hingga berjalan dengan sesuai yang telah kami konsep dan diskusikan sebelumnya. Semoga acara ini dapat terlaksana sampai akhir dan sukses, aamiin.” Ujar Aura Maharani sebagai panitia Daqu Camp 2020.

Ditulis oleh: Ika Febriyanti