id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Euforia Pengumuman Juara Jadi Penutup Gelaran Daqu Competition 2020

Selama 5 hari, terhitung mulai Senin (9/11/2020) hingga Jum’at (13/11/2020), Daqu Competition berlangsung. Siswa-siswi dan para santri dari tingkat SD, SMP, SMA serta Pesantren Takhassus Daarul Qur’an bersaing untuk menjadi yang terbaik. Sampai di hari terakhir kompetisi, para peserta menunggu momen yang dinanti, yakni pengumuman gelar juara.

Pengumuman gelar juara termasuk dalam rangkaian penutupan Daqu Competition 2020, Jum’at (13/11/2020), dan tetap diadakan secara daring lewat video conference Zoom. Makin spesial dengan kehadiran Pimpinan Direktorat Pendidikan Daarul Qur’an, KH Ahmad Jamil.

Para peserta yang telah melewati jalan panjang mendapat suntikan motivasi dari Kyai Jamil. Dalam sambutannya, beliau menekankan kembali pentingnya memiliki jiwa “The Winner”. “Kita ini semuanya pemenang. Mungkin gak juara apa-apa, tapi jiwanya harus tetap The Winner,” terangnya.   

Karena, ujar kyai Jamil, kompetisi sesungguhnya adalah bagaimana kita berlomba-lomba menggapai ridho Allah SWT. “Hingga naiklah derajat kita dan membawa wasilah untuk keluarga, ayah-bunda kita dan orang-orang terdekat kita. Insya Allah,” jelasnya.

Keriuhan pun pecah kala nama-nama para juara disebutkan. Ustadz Doni selaku ketua panitia mendapat giliran mengumumkan juara lomba puisi. “Juara 1 lomba baca puisi tingkat SMA diraih oleh… M Rofi Ilhjam dari SMA Daarul Qur’an Tangerang,” ujarnya dengan semangat. Sang juara yang nampak di layar monitor pun melonjak, diikuti perayaan bersama teman-temannya.

Rofi bersanding dengan adik-adiknya yang juga meraih juara 1 lomba puisi, yakni M Alif Hidayatullah dari SMP Daqu Tangerang serta Salwa dari Shigor Putri.

Tak berbeda dengan pengumunan lomba puisi, cabang lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) pun menghasilkan kemeriahan serupa. Kali ini, Kepala Biro Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Daqu, Ustadz Rizki Aminullah, yang membacakan para peraih gelar juara.

Lagi-lagi, SMA Daqu Tangerang berhasil menggondol juara 1 tingkat SMA, atas nama Syahda Aqila Syakir. Ia bersanding dengan juara 1 lomba KTI tingkat SMP asal Daqu Lampung, Naufal Alif Yulianto.

Berbeda dengan dua cabang lomba lain, Lomba Cerdas Cermat (LCC) sudah lebih dahulu diketahui juaranya saat gelaran final berlangsung, Kamis (13/11/2020). Kali ini Pesantren Daqu Cikarang yang merajai dengan raihan gelar juara 1 di dua tingkat, yakni SMA dan SMP. Sementara tingkat SD digondol oleh Shigor Putri.

Selain 3 cabang lomba tadi, Daqu Competition 2020 juga diwarnai final audisi Daqu Got Talent. Pengumuman juara dibacakan langsung oleh Ustadz Ade Kurniawan, Kepala Bidang Daqu Talent Management, selaku penyelenggara audisi pencarian bakat santri Daarul Qur’an ini.

Hasilnya, Pesantren Daqu Cikarang tak mau kalah dengan Pesantren Daqu Tangerang yang berjaya di 2 cabang lomba Daqu Competition. Mereka memboyong gelar juara 1 dan 3 atas nama Dirra Esya dan Nabila Zahra. Sementara juara 2 diraih Sabilil Haq, santri Pesantren Daqu Tangerang.

Terbukti, meski digelar daring tak menyurutkan gengsi gelaran ini. Para peserta pun nampak antusias menunggu kedatangan kembali Daqu Competition tahun depan. Insya Allah, keseruannya makin bertambah karena kompetisi akan digelar offline disertai berakhirnya wabah Covid-19 di Indonesia. Aamiin.