id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Kendala Sinyal Tak Halangi Santri Pesantren Daqu Jambi Untuk Berprestasi

Berkompetisi, Berprestasi dan Berbudi Pekerti merupakan tema yang diusung Daqu Competition 2020. Kali kedua Biro Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Daarul Qur’an Indonesia mengadakan kompetisi yang melibatkan seluruh cabang Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 13 November 2020. Wabah Covid-19 tak menghalangi dilaksanakannya kompetisi ini.

Wabah tersebut rupanya juga tidak menjadi pematah semangat peserta, terhusus peserta perwakilan cabang Pesantren Daqu Jambi. Walau dilaksanakan dengan daring dengan kendala sinyal, mereka tetap dapat bersaing dengan 20 cabang Pesantren Daqu dan menyabet beberapa penghargaan.

Persiapan peserta dilakukan selama satu bulan penuh (dari pertengahan bulan Oktober sampai dengan awal November 2020) mulai dari tahap penyeleksian hingga proses karantina. Sebanyak Tujuh orang peserta dikirim untuk mewakili SMP Daarul Qur’an Jambi pada ajang Daqu Competition 2020 dengan cabang Lomba Cerdas Cermat (LCC), Puis dan Karya Tulis Iliyah. Ketujuh peserta tersebut adalah: Zufarul Haq Rohith kelas 9 Lomba Cerdas Cermat, M. Fakhrul Rozi Kelas 8 Lomba Cerdas cermat, M. Akhdan Fadilah Kelas 8 Lomba Cerdas cermat, M. ma’ruf nur ihsani Kelas 8 Lomba Puisi, Farhan Islami Putra Kelas 8 Lomba Puisi, Ar-Rahim recal Monarki kelas 8 Lomba Puisi, Irfansyah Eka Wijaya Kelas 8 Lomba Karya Tulis Imiah.

Dari 3 cabang lomba yang ada, Pesantren Daqu Jambi mampu merebut juara 3 Lomba Cerdas Cermat dan Juara 2 Karya tulis Ilmiah. Keberhasilan para peserta pada tahun ini tentu tidak lepas dari semangat juang para peserta, peranan dan doa orangtua dan seluruh asatidz Pesantren Daqu Jambi.