id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Dari Pesan Nikmatnya Sholat Hingga Daqu Competition Tahun Depan

“Alhamdulillah, sudah bersyukur hari ini? gak usah jauh-jauh, tubuh kita masih sempurna hari ini adalah kesyukuran teramat besar,” sapa imam sholat seba’da Ashar berjama’ah. Beliau adalah Ustadz Sobri M Rizal, Kepala Bidang di Biro Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Daarul Qur’an.

“Gunung saja dititipin Al-Qur’an meletus. Maka berbahagialah umat Nabi Muhammad, khususnya kalian saat ini yang di dalam hatinya dititipkan Al-Qur’an,” jelas Ustadz Sobri yang berkesempatan hadir di tengah-tengah santri Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Malang.

“Ingin bahagia dan nikmat menjalani hidup, maka nikmati sholatmu, salah satunya dengan tuma’ninah (tenang). Ibarat air dalam botol yang digerakan, tentu air akan terus beriak-riak. Namun apabila botol digerakan dengan jeda, maka akan tercipta ketenangan dalam air,” tutur beliau yang selama 4 tahun mengampu amanah Pengasuh Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Putri Cikarang.

Dan berikut tips menghadirkan kenikmatan dalam kaitannya dengan Rukun Qouliyah.

Pertama, Takbirotul Ihrom dengan seminimal mungkin kuping kita dapat mendengarnya. Dengan mensinergikan jawahir, lisan , hati dan ruh. Empat hal ini akan membawa keindahan dalam sholat.

Kedua, bacaan Surotul Faatihah lalu bacaan tahiyat. Selanjutnya membaca sholawat dan terakhir bacaan salam kala menoleh ke kanan.

Lima bacaan di atas sebaiknya diucapkan seperti bacaan yang dibisikan. “Jadi ruh kita ngomong, jasad kita hadir, hati kita juga bergetar, fisik kita kemudian punya sinergi. Jadi lima hal itu menjadi satu dalam keindahan sholat,” jelas Ustadz Sobri sambil memperagakan.

Usai kegiatan, acara berlanjut dengan pembagian sertifikat penghargaan kepada santri yang telah mengikuti berbagai bidang lomba di Daqu Competition. “Tahun ini semua cabang lomba dilaksanakan secara online dalam suasana new normal. Tapi, tahun depan bisa jadi Pesantren Daarul Qur’an Malang menjadi destinasi perhelatan Daqu Competition New Season,” jelas Ustadz Doni Putrawan selaku ketua pelaksanan ajang tersebut.

Tentu, para santri Pesantren Daqu Malang punya motivasi agar bisa memperoleh capaian yang lebih tinggi. Doa dan sholawat pun dilantunkan tanda syukur dan harap pada Allah SWT.