fbpx
id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

BNSP Saksikan Langsung Proses Asesmen LSP Daarul Qur’an

Daarul Qur’an sebagai sebuah lembaga terus berupaya meningkatkan kinerjanya, salah satunya dalam hal menjamin kompetensi setiap guru tahfizh dan tahsin di pesantren. Lewat Lembaga Sertifikasi Profesi atau LSP Daarul Qur’an, setiap guru diuji agar sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.

Seperti yang digelar Sabtu (12/12/2020) di Institut Daarul Qur’an (Idaqu), Tangerang. 6 orang asesi dengan 6 skema asesmen, yakni Asesmen Guru Tahsin dan Tahfizh yang masing-masing memiliki jenjang Mubtadi (Muda), Mutawassit (Madya) dan Mahir (Ahli) diuji. Asesmen dilakukan di ruang kelas Idaqu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Setelah proses asesmen, berkas asesi dari asesor LSP diuji oleh BNSP, termasuk asesi yang telah mendapat rekomendasi kompeten oleh LSP.

Kegiatan ini bukan sekedar proses asesmen saja, karena langsung dipantau oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai kegiatan Penyaksian Asesmen Kompetensi atau Witness LSP Daarul Qur’an.

Sebelum proses asesmen, Ketua Tim Asesor Lisensi BNSP sekaligus Wakil Ketua BNSP, Dr. Miftakul Aziz memberi arahan bagi para asesor, asesi maupun pengurus LSP Daarul Qur’an di ruang meeting Idaqu.

Alhamdulillah, LSP Daarul Qur’an yang tergolong baru juga terus dissuport oleh BNSP. Dr. Aziz pun telah merekomendasikan LSP Daarul Qur’an untuk mengikuti pelatihan asesmen kelembagaan selama 4 hari yang digelar minggu depan.

“Harapannya LSP atau asesmen di Daarul Qur’an dapat menjalankan sesuai yang diharapkan,” tuturnya.

Hal ini tentu disyukuri oleh keluarga besar Daarul Qur’an, termasuk di ranah pesantren sebagai tempat penghasil para penghafal Al-Qur’an.

“Niatnya kami ingin transmisi Al-Qur’an dari generasi ke generasi dari pihak-pihak yang qualified,” ujar Ustadz Muhammad Bisyri, Ketua LSP Daarul Qur’an.

Selain itu, Ustadz Daarul Qutni selaku Kepala Kesekertariatan Daarul Qur’an sekaligus Sekertaris Dewan Pengarah LSP Daarul Qur’an pun mengatakan, proses asesmen ini akan semakin menancapkan ghirah Daarul Qur’an yang bergerak untuk umat.

“Dengan kompetensi yang nanti didapat temen-temen semua Insya Allah menjadikan lembaga ini terpercaya dan dapat bermanfaat buat umat,” terangnya.