fbpx
id info@daqu.sch.id 021-2789-9696

Ziarah ke Makam Syekh Ali Jaber, David Chalik Sekaligus Kenang Perjalanan Pesantren Daqu

Artis sekaligus pembawa acara televisi nasional, David Chalik, mengunjungi Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang untuk silaturrahmi sekaligus ziarah ke makam Syekh Ali Jaber, Rabu siang (10/3/2021). Kedatangannya disambut oleh Pimpinan Direktorat Pendidikan Daarul Qur’an, KH Ahmad Jamil di kediaman beliau yang ada di lingkungan pesantren.

Pria yang sedang melanjutkan studi S2 di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an atau PTIQ itu mengaku telah mengenal betul Daarul Qur’an. Ia mengisahkan bagaimana perkembangan Daarul Qur’an dari yang mulanya “hanya” berbentuk semangat KH Yusuf Mansur hingga saat ini telah mempunyai berbagai cabang yang tersebar di penjuru negeri.

Selain itu, 40 hari wafatnya Syekh Ali Jaber beberapa waktu yang lalu juga jadi momen untuk David berziarah ke makam ulama asal Madinah itu. Kenangan terhadap Syekh Ali Jaber mendorongnya mengingat lagi kala pertemuan peertamanya dengan Syekh Ali. Ternyata, KH Yusuf Mansur juga lah yang membawanya mengenal sosok Syekh Ali Jaber. Ia mengisahkan bahwa KH Yusuf Mansur yang mendorong Syekh Ali Jaber untuk bisa berdakwah di Indonesia.

“Waktu itu salah satu program tv yang saat ini sudah berjalan secara regular, yaitu program Damai Indonesiaku (tv One) itu diinisiasi oleh KH Yusuf Mansur. Alhamdulillah, qadarullah, saya terpilih menjadi pembawa acaranya selama 2 sampai hampir 3 tahun pertama. Jadi, ustadz-ustadz yang direkomendasikan, salah satunya adalah Syekh Ali Jaber,” kisah David.

Syekh Ali Jaber di mata David adalah ulama yang punya kebesaran hati yang tinggi. Salah satunya ketika ada seseorang yang bertanya kepada beliau mengenai persolan yang menyangkut budaya setempat, Syekh Ali meminta orang itu untuk menanyakannya terlebih dahulu ke ulama setempat.  

“Ini salah satu semangat kebersamaan yang coba dicontohkan oleh Almarhum Syekh Ali Jaber kepada kita umat Islam untuk tidak mencari perbedaan yang sedikit, tapi justru harus saling menjalin silaturrahim dengan melihat persamaan yang banyak di dalam menjalin Ukhuwah Islamiyah,” tutur David melanjutkan kisahnya.

David yang ditemani Kyai Jamil saat ziarah ke makam Syekh Ali Jaber, juga menyempatkan berdoa di masing-masing makam. Termasuk makam Ustadz Maaher At-Thuwailibi yang berdampingan dengan makam Syekh Ali, serta makam keluarga pimpinan Daarul Qur’an.