KH Yusuf Mansur Takziyah ke Kediaman Almarhum KH Abdullah Syukri Zarkasyi

0
18

Kabar duka menyelimuti keluarga besar pesantren di tanah air. Pimpinan salah satu pondok yang paling berpengaruh terhadap penyebaran Islam rahmatan lil ‘aalamin di Indonesia, yakni Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, KH Abdullah Syukri Zarkasyi, dipanggil menghadap Allah SWT. Kabar berpulangnya beliau diterima Pesantren Daqu tak berselang lama setelah beliau menghembuskan nafas terakhir, Rabu (21/10/2020).

Segenap pimpinan pesantren langsung menuju Pondok Modern Gontor untuk bertakziyah. KH Yusuf Mansur ditemani 3 pimpinan Daarul Qur’an yakni KH Ahmad Jamil selaku pimpinan direktorat pendidikan, Ustadz Tarmizi selaku pimpinan direktorat ekonomi serta Ustadz Anwar Sani selaku pimpinan direktorat zakat dan wakaf. Tepat pagi ini, Kamis (22/10/2020), alhamdulillah rombongan telah sampai di Ponorogo dan ikut menyolatkan.

Kyai Syukri adalah sosok yang sangat berpengaruh terhadap munculnya bibit-bibit unggul santri dari Gontor hingga ke seantero negeri. Kehilangan beliau di salah satu momen paling sakral bagi keluaga besar pesantren, yakni Hari Santri Nasional, membuat luka yang menganga. Namun, KH Yusuf Mansur beserta para pimpinan Pesantren Daqu dan seluruh ekosistemnya yakin akan muncul kembali ratusan bahkan ribuan Kyai-Kyai Syukri yang lain dari rahim pesantren di seantero tanah air. 

Segenap Keluarga Besar Daarul Qur’an mengucapkan turut berduka cita atas kepergian beliau. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Semoga Kyai Syukri berpulang dengan senyum yang merekah ke kehadirat Allah SWT. Juga seluruh amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Karena jasa beliau dan Pondok Gontor terhadap kemajuan agama, bangsa dan negara tak ternilai. 

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu…