Serunya Belajar Bersama Petugas Damkar

0
38

Peserta didik SD Fullday Daquschool Cimanggis melakukan kegiatan belajar bersama pemadam kebakaran dengan tema “Sosialisasi dan Penyuluhan Pencegahan Kebakaran”. Kegiatan yang dilaksanakan senin tanggal 23 Mei 2022 dilaksanalan di  lapangan sekolah.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik SD Fullday Daquschool Cimanggis. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama sekolah dengan seksi pemadam kebakaran Pasar Rebo Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan, “untuk mengenal profesi para petugas pemadam kebakaran dan mengenal hal-hal yang berhubugan dengan tugas pemadam kebakaran. Misalnya, seragam, alat-alat, serta bagaimana penggunaan alat pemadam kebakaran sederhana,” ungkap Radi selaku petugas damkar.

Kegiatan belajar bersama pemadam kebakaran tersebut rencananya akan rutin dilakukan satu kali dalam setahun. Kegiatan ini juga melibatkan orang tua siswa.

Kegiatan belajar bersama pemadam kebakaran dimulai pukul 08.30 sampai pukul 11.30. Rangkaian sesi dimulai dari pengarahan petugas pemadam kebakaran mengenai profesi pemadam kebakaran, waktu kerja petugas pemadam kebakaran, hingga pengenalan dan peragaan alat-alat kerja petugas pemadam kebakaran, seperti, jaket anti panas dan mantel anti api. 

Sesi selanjutnya satu per satu para siswa mencoba menggunakan selang air yang dipakai petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Sesi selanjutanya adalah menaiki mobil petugas pemadam kebakaran dan berjalan keliling mengitari lapangan futsal selama 2 kali dan yang paling seru adalah saat para siswa merasakan air semprotan dari selang mobil pemadam yang disemprotkan ke atas. Para siswa asyik di bawah semprotan air.

“Acaranya seru dan aku tertarik untuk ikut kegiatan kaya gini selanjutnya,” cerita Abdul, salah seorang siswa kelas 1.

Kegiatan belajar bersama pemadam kebakaran tersebut memiliki manfaat yakni para siswa menjadi mengetahui bagaimana dan apa itu profesi pemadam kebakaran, alat-alat yang digunakan serta tugas kerja petugas pemadam kebakaran. 

“Manfaat tersebut dirasa akan menunjang para peserta didik untuk mengenal profesi petugas pemadam kebakaran, serta berjiwa penolong dan juga penghargaan terhadap orang Indonesia yang berprofesi sebagai petugas pemadam kebakaran,” jelas Ustadz Fathurraman selaku Kepala Sekolah.