Serunya Belajar Sambil Bermain Sekaligus Berkenalan dengan Lingkungan dalam Trial Class

0
39

Semarang, 26 mei 2022, KB-TK Fullday Daquschool Semarang mengadakan kegiatan trial class. Kegiatan ini di ikuti  oleh 8 orang peserta, 4 anak usia 3 tahun, 1 anak usia 2 tahun dan 3 anak usia 4 tahun. Dalam 1 periode trial class, maksimal peserta hanya 10 agar kegiatan mencapai tujuan yang optimal.

Trial ini dikhususkan untuk ananda yang sudah mendaftar, baik melalui marketing pendidikan maupun website pendidikan Daarul Qur’an. Rentang usia ananda antara 2-5 tahun. Seluruh peserta yang telah terdaftar akan dihubungi pihak sekolah untuk mengikuti trial class dengan jadwal yang telah ditentukan.

Dalam kegiatan trial class banyak kegiatan yang dilakukan. Pada acara pembukaan, ananda diajak membaca rangkaian doa serta melakukan perkenalan. Kemudian dilanjut pelaksanaan shalat dhuha sekaligus membiasakan ananda beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Aktivitas fisik dan motorik juga dilakukan. Di antaranya lempar dan tangkap bola, lompat tali dan haling rintang, serta ragam kegiatan menarik di Sentra Bahan Alam. Di kegiatan tetsebut, ananda diajak untuk melukis, bermain dan berkreasi dengan pasir, serta menikmati keseruan bermain gelembung busa sabun. 

Setelah lelah beraktivitas fisik, ananda diajak berlatih kepedulian dengan berbagi makanan dalam Snack Time. Keseruan-keseruan dalam Trial Class diakhiri kembali dengan lantunan doa dan bacaan surat-surat pendek. Tak lupa agar makin berkesan, kenang-kenangan berupaa merchandise disediakan untuk dibawa pulang ananda.

Dijelaskan Miss Pranawati selaku Kepala Sekolah KB-TK Fullday Daquschool Semarang, Trial Class ini sebagai bentuk latihan beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Dalam kegiatan ini juga, guru-guru sengaja mengemas kegiatan pembelajaran diselingi permainan agar ananda kerasan di sekolah.

Selain itu, Trial Class ini juga mengenalkan para orang tua calon murid KB-TK Fullday Daquschool Semarang tentang gambaran kegiatan belajar-mengajar serta mengetahui fasilitas yang ada di KB-TK yang tersedia.

Bagi KB-TK Fullday Daquschool Semarang sendiri, kegiatan ini sekaligus melihat bagaimana kondisi fisik, keterampilan berbahasa, kemampuan kognitif (kemampuan dalam mendapatkan makna pengetahuan berdasarkan pengalaman dan informasi), kemampuan motorik kasar dan kemampuan motorik halus ananda. Hal ini bermanfaat agar ananda mendapatkan treatment yang tepat dari para guru ketika proses belajar-mengajar. 

Kegiatan ini juga mengajak para orang tua untuk berdialog dengan para guru agar terjalin sinergi antar keduanya. Dengan begitu para guru bisa mengetahui apa yang diharapkan oleh orangtua terhadap sekolah yang akan menjadi tempat ananda menempuh pendidikannya. Orang tua juga mampu menilai kompetensi pengajar dalam mengajar untuk meyakinkan mereka dalam menyekolahkan anaknya.

Dalam kesempatan ini, orang tua dari salah satu peserta yakni ananda Fatih, Bunda Istikhomah, menyampaikan bahwa dia mempercayakan KB-TK Fullday Daquschool Semarang sebagai tempat ananda menimba ilmu karena kualitas yang sudah diakui. Beliau juga menyampaikan, apapun program dan kegiatan yang diadakan sekolah, Insya Allah sebagai orang tua mereka akan mendukung. 

“Fatih ini anak saya yang kedua yang saya sekolahkan di sini. Sebelumnya sudah ada kakaknya yang memang telah lebih dulu saya sekolahkan di sini,” tuturnya.

“Harapan saya dari kegiatan Trial Class ini yaitu agar sekolah bisa mewujudkan apa yang diinginkan oleh orang tua,” lanjut beliau.

KB-TK Fullday Daquschool Semarang juga berusaha terus meningkatkan dan memperbaiki mutu sekolah sehingga bisa terus menjadi tempat terbaik untuk pendidikan anak. Karena lembaga pendidikan Daarul Qur’an senantiasa memegang visi melahirkan generasi pemimpin bangsa dan dunia yang shaleh, berkarakter qur’ani serta berjiwa enterprenuer untuk membangun peradaban islam masa depan.