Tasmi’ Al-Qur’an KB-TK Daquschool Banyuwangi, Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Al-Qur’an Sejak Dini

0
24

Al-Qur’an merupakan kitab yang mudah dihafal, diingat, dan dipahami. Namun, dalam menjaga hafalan Al-Qur’an tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jika tidak diulang-ulang, hafalan akan hilang.

Setelah mengulang-ulang hafalan tersebut lalu diujikan dengan metode bernama Tasmi’ Al-Qur’an atau mendengarkan hafalan tanpa kesalahan di depan penguji. Metode ini bertujuan menilai kemampuan menghafal dan menjaga kualitas hafalan.

Tasmi’ Al-Qur’an menjadi program unggulan lanjutan KB-TK Daquschool Banyuwangi setelah ananda menghafal Al-Qur’an. Kegiatan ini sekaligus menjadi parameter kelulusan Tahfizh Al-Qur’an ananda. 

KB-TK Daquschool Banyuwangi menjadi satu-satunya KB-TK Se-Kota Banyuwangi yang mempunyai program Tasmi’ Al-Qur’an bersertifikat. Tentu ini menjadi kebanggaan terkhusus bagi para wali murid yang menyekolahkan ananda di sini. 

Selain mendorong untuk merawat hafalan Al-Qur’annya, di KB-TK Daquschool Banyuwangi juga mendidik ananda agar selalu mengamalkan dan menyiarkan isi Al-Qur’an. Seperti kata hadits Rasulullah SAW: 

Khoirukum man ta’allamal Qur’ana wa ‘allamahu. 

“Sebaik-baik kalian adalah yang menghafalkan Al-Qur’an dan mengamalkannya.”

Selain itu, dengan kegiatan Tasmi’ Al-Qur’an ini ananda dilatih mengasah mental agar terbiasa tampil di depan umum.

Di masa pembatasan aktivitas kemarin, KB-TK Daquschool Banyuwangi kembali mengadakan Tasmi’ Al-Qur’an untuk kategori Juz Amma atau Juz 30. Pada kesempatan ini terdapat empat peserta, dari TK A1 tiga siswa serta TK A2 satu siswa. Peserta merupakan ananda yang telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an sebanyak seperempat Juz 30. 

Kegiatan dilakukan secara tatap muka. Namun, para orang tua yang hadir hanya diperbolehkan menyaksikan melalui zoom di ruangan yang telah disediakan untuk membatasi kerumunan.

Satu persatu ananda menaiki mini panggung untuk menyetorkan bacaan surah An-Nas sampai Al-Qori’ah. Para wali murid kemudian bergantian menyampaikan kesan dan pesannya. Selanjutnya, para peserta diberikan sertifikat serta berfoto bersama dengan orang tuanya.

Bunda Dian Novitasari, orang tua dari ananda Keyna Shakilayyana Putri Fardinal menuturkan, kegiatan ini sangat membantu Keyna dalam melancarkan hafalan. “Anak saya jadi berani tampil di depan umum juga. Orang tua juga merasa haru dan bangga,” jelasnya.

Miss Huda selaku Kepala Sekolah KB-TK Daquschool Banyuwangi berharap kegiatan ini menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya. 

“Semoga program ini bisa terus memotivasi siswa yang lain agar mutqin dalam menghafal Al-Qur’an karena sangat besar manfaat dan pengaruhnya untuk anak usia dini apabila tampil di depan teman. Ini juga menjadi suatu progress yang membanggakan untuk diri ananda,” terang Miss Huda. 

Beliau juga berharap program ini menjadi ikhtiar menelurkan para penghafal Al-Qur’an.

“Ke depan Insya Allah sebelum wisuda kita akan melanjutkan Tasmi’ mengingat ananda banyak yang sudah hafal hingga setengah dari Juz ‘Amma. Dan di kemudian hari kami sangat berharap semoga ananda bisa menyelesaikan Juz 30. Semoga dengan istiqomahnya murojaah menjadikan ananda mencintai Al-Qur’an dan mendapat keberkahan serta rahmat dari Allah SWT,” ungkapnya.