Pembiasaan Konsumsi Makanan Sehat Melalui Snack Time

0
43

Pada anak usia dini, komposisi makanan yang dikonsumsi berperan penting dalam membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Manfaat lainnya dapat mencegah agar anak tidak terkena malnutrisi maupun obesitas. Selain itu, dengan makanan sehat dan bergizi, anak pun dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. 

Snack sehat untuk anak sangatlah penting seperti halnya makanan utama. Snack bermanfaat untuk menjaga energi agar anak selalu dalam kondisi optimal. Para orang tua biasa mengkreasikan snack yang akan dibawa ananda dengan menarik untuk menambah nafsu makan.

Setalah melakukan Jurnal pagi, Gross motor dan Circle Time, siswa-siswi KB-TK Daquchool Tangerang biasa melakukan Snack Time. Kegiatan ini berlangsung pada jam 9 pagi setiap harinya.

Dalam Snack Time, ananda diperkenankan memakan bekal makanan ringan yang dibawakan oleh orang tua mereka. Kegiatan ini dilakukan bersama-sama di setiap kelas.

Menurut Miss Sumi, salah satu guru TK B, ada beberapa jenis makanan yang diperbolehkan untuk ananda bawa ke sekolah, di antaranya buah, sayuran, dan makanan yang tidak mengandung banyak Monosodium Glutamat atau MSG. Hal ini seiring dengan peraturan yang ditetapkan sekolah.

“Kita biasanya membiasakan anak-anak membawa makanan sehat dan bergizi, tidak dianjurkan membawa makanan yang mengandung MSG. Namun, jika ada makanan yang mengandung MSG biasanya guru akan mengingatkan untuk tidak dibawa lagi hari selanjutnya. Sama halnya ketika ananda membawa snack coklat maka gurunya akan menginformasikan kepada orang tua untuk tidak mebawakan coklat di hari berikutnya,” jelas Miss Fatimah, salah satu guru KB-TK Daquschool Tangerang.

MSG berguna sebagai penambah cita rasa sebuah makanan namun harus digunakan sesuai takaran yang disarankan BPOM. Jika dikonsumsi secara berlebihan memberikan efek samping antara lain mual, sakit kepala, dan mudah mengantuk. Efek jangka panjangnya bisa menurunkan fungsi otak. Apalagi untuk usia anak-anak yang memang lebih sensitif dengan efek samping penggunaan MSG berlebihan dibanding orang dewasa.

Menurut Miss Fatimah, dengan adanya Snack Time ini bisa mengedukasi ananda tentang makanan yang halal dan sehat serta bahaya dari penggunaan MSG berlebihan. Dengan asupan makanan bergizi baik, akan mendukung tumbuh kembang, membentuk daya tahan tubuh, serta meningkatkan kecerdasan ananda.