Pesantren Daqu Gelar Training Pengajar Bahasa Arab dengan Kitab Silsilat al-Lisan

0
19

Pelatihan ini diikuti oleh seluruh pengajar Bahasa Arab mulai tingkat pengasuh hingga guru di lingkungan Daarul Qur’an. Acara digelar di Markas Dirosah, Kampung Ketapang, Cipondoh, Tangerang. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Kamis (14/7) hingga Sabtu (16/7).

Syekh dr. Faris Al-Badar dari Yaman memandu jalannya pelatihan. Kemudian juga hadir tamu kehormatan sekaligus mengisi materi, yakni Dr. Husni Thamrin yang kini berkecimpung sebagai dosen di Unversitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kitab Silsilat Al-Lisan merupakan buku panduan pembelajaran Bahasa Arab yang diterbitkan Arabic Lingual Center atau ARLIC pada tahun 2021 lalu. Metode yang digunakan memang memfokuskan pada cara pengucapan kata dalam Bahasa Arab secara benar.

Dalam sambutan di acara pembukaan, Pimpinan Daarul Qur’an Direktorat Pendidikan, KH Ahmad Jamil, menegaskan bahwa Bahasa Arab amat penting khususnya bagi para penghafal Al-Qur’an. Sebagai sebuah lembaga yang bergerak dengan ghiroh Al-Qur’an, seyogyanya terdapat peningkatan kemampuan Bahasa Arab yang berkesinambungan, baik pengajar maupun murid.

“Insya Allah dengan pelatihan menggunakan Kitab Silsilat Al-Lisan ini, kita terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di Daarul Qur’an yang mana menjadi core gerakan dakwah Daarul Qur’an. Insya Allah materi dalam kitab ini akan segera kita implementasikan di Daarul Qur’an,” terang Kyai Jamil.